Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Warga Inggris Diduga Menyeberang ke Suriah

Kompas.com - 23/03/2015, 02:30 WIB
KOMPAS.com - Sembilan mahasiswa dan dokter Inggris dikhawatirkan telah pergi ke Suriah untuk bekerja di daerah yang dikuasai kelompok yang menamakan diri Negara Islam di Suriah dan Irak atau ISIS.

Usia mereka ada yang hampir 20 tahun dan sebagian lainnya 20 tahun ke atas dan mereka mempelajari ilmu kedokteran di Sudan.

Sebagian keluarga mereka, yang mengunjungi perbatasan Turki-Suriah, mengatakan kepada BBC mereka sangat mengkhawatirkan keselamatan mereka.

Rombongan kedokteran itu telah memasuki Suriah lebih seminggu lalu.

Wartawan BBC di Turki, Mark Lowen, mengatakan sebagian dari anggota kelompok ini mengirim sejumlah pesan kepada orang tua mereka dengan mengatakan mereka melakukan pekerjaan sukarela membantu warga Suriah.

Wartawan BBC, yang menggambarkan kelompok tersebut sebagai warga Inggris-Sudan, melaporkan keluarga mereka telah mengunjungi Gaziantep, Turki selatan sebagai upaya untuk menemukan mereka.

Salah satunya, ayah anggota kelompok itu, mengatakan dirinya tidak mendapatkan bantuan yang cukup dari pemerintah Inggris dan Turki.

Dia tidak memahami bagaimana Turki dapat mengizinkan kelompok begitu besar melintasi perbatasan.

Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan telah memberikan bantuan konsuler kepada para keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com