Kompas.com - 27/06/2014, 18:28 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com - Organisasi pejuang HAM, Human Right Watch (HRW), Jumat (27/6/2014), mengatakan sebuah citra satelit mendukung klaim pembantaian 160-190 orang di kota Tikrit, Irak yang dilakukan para pejuang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

HRW mengatakan telah menganalisa sejumlah foto dan citra satelit yang menampilkan sejumlah jasad di kota kelahiran Saddam Hussein yang diduduki ISIS saat memulai ofensifnya di wilayah utara Irak.

HRW melanjutkan pembunuhan ratusan orang itu terjadi di dua lokasi antara 11-14 Juni lalu dan jumlah korban tewas sangat mungkin jauh lebih banyak.

ISIS mengklaim telah membunuh 1.700 pemeluk Syiah yang menjadi anggota militer Irak di Tikrit pada 12 Juni lalu. Dua hari kemudian ISIS mengunggah 60 foto ke internet menunjukkan proses eksekusi anggota militer Irak itu.

Pada 22 Juni lalu, Menteri HAM Irak membenarkan ISIS telah membunuh 170 anggota AU Irak di kota Tikrit.

Dengan membandingkan foto-foto itu dan citra satelit dari tahun 2013 dan foto-foto lain yang bisa tersedia untuk publik, HRW menyimpulkan bahwa dua parit yang digunakan untuk memasukkan jasad terdapat di sebuah ladang sekitar 100 meter sebelah utara Istana Air, bekas istana Saddam Hussein di tepi Sungai Tigris.

"Foto-foto dan citra satelit dari Tikrit memberikan bukti kuat dari kejahatan perang yang memerlukan investigasi lebih jauh," kata Peter Bouckaert dari HRW.

Namun HRW mengakui hampir tidak mungkin melakukan investigasi menyeluruh karena sulitnya mengakses lokasi yang diduga menjadi tempat eksekusi massal itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.