Kompas.com - 25/02/2014, 09:31 WIB
EditorEgidius Patnistik
MEXICO CITY, KOMPAS.COM - Istri dan putri kembar berusia dua tahun dari gembong narkotika Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, ada saat penangkapan Guzman tetapi pemerintah telah membebaskan mereka, kata menteri dalam negeri negara itu, Senin (24/2/2014).

Guzman (56 tahun) menikah dengan Emma Coronel tahun 2007 ketika perempuan itu masih sebagai ratu kecantikan berusia 18 tahun. Coronel, seorang warga negara AS, dilaporkan pernah melakukan perjalanan ke Los Angeles tahun 2011 untuk melahirkan putri kembar mereka itu.

Setelah 13 tahun buronan, bos kartel Sinaloa tersebut ditangkap pada Sabtu pekan lalu ketika marinir Meksiko menyerbu ke lantai empat apartemen di sebuah kondominium di kota Mazatlan di pantai Pasifik. Saat penangkapan itu tidak ada tembakan yang terjadi.

"Istrinya ada di sana, dua putrinya berada di sana. Namun mereka sama sekali tidak ada kaitannya dengan tindakan kriminal itu, sehingga mereka dibebaskan," kata Menteri Dalam Negeri Meksiko, Miguel Angel Osorio Chong, kepada Radio Formula.

Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pada saat penangkapan, Guzman hanya bersama kelompok kecil yang termasuk salah satu pengawal dan seorang pengawas.

Penangkapan Guzman itu merupakan kemenangan besar dalam upaya Presiden Enrique Pena Nieto untuk membasmi kekerasan narkotika yang telah menyebabkan hampir 80.000 orang tewas di Meksiko sejak tahun 2006.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.