Kompas.com - 05/09/2013, 14:56 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama dalam lawatannya di Swedia sebelum bertolak ke Saint Petersburg, Rusia, mengatakan kalau langkah menyerang Suriah justru untuk mempertahankan kepercayaan komunitas dunia. Menurutnya, justru kalau dunia mendiamkan Suriah, kepercayaan itu bisa terganggu. "Saya menaruh hormat kepada penyelidik PBB yang mengumpulkan bukti-bukti dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah," katanya usai melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri (PM) Swedia Fredrik Reinfeldt di Stockholm sebagaimana warta AP pada Kamis (5/9/2013).

Soal senjata kimia itu, Obama mengatakan dengan percaya diri kalau Presiden Suriah Bashar al-Assad berada di belakangnya. "Dia yang memerintahkan penggunaan senjata kimia," kata Obama.

Obama juga menambahkan kalau AS tidak akan tinggal diam jika terjadi tindak kekejaman di Suriah. "AS akan bertindak," katanya.  

Sementara itu, PM Fredrik Reinfeldt mengatakan, Swedia mengecam penggunaan senjata kimia di Suriah. "Tetapi, Swedia menegaskan solusi politik dalam kerangka kerja PBB adalah jalan satu-satunya," kata Reinfeldt.

Kunjungan Obama ke Swedia menuai protes pula. Para aktivis anti-AS mengatakan menolak serangan militer AS ke Suriah. Menurut mereka, serangan itu adalah bentuk perang imperialisme sama halnya dengan yang terjadi di Afganistan dan Irak.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.