Kompas.com - 21/08/2013, 23:27 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com — Oposisi Suriah, Rabu (21/8/2013), mengklaim jumlah korban tewas akibat serangan senjata kimia pasukan pemerintah kini mencapai 1.300 orang.

"Ini merupakan sebuah tindakan brutal yang membunuh semua harapan untuk sebuah solusi politik di Suriah," kata George Sabra, seorang tokoh Koalisi Oposisi Nasional Suriah.

"Rezim Suriah menertawakan PBB dan negara-negara besar saat menyerang target di dekat Damaskus, di saat pengawas PBB hanya berjarak beberapa langkah dari sana," tambah Sabra.

Sejumlah video yang disebarkan para aktivis anti-Assad, yang belum bisa dipastikan kebenarannya, menampilkan petugas medis yang tengah memeriksa anak-anak yang kesulitan bernapas dan menunjukkan rumah sakit yang sudah melebihi kapasitasnya.

Rekaman video lain memperlihatkan puluhan orang bergeletakan di lantai, sebagian dari mereka anak-anak, dan sebagian lainnya sudah ditutupi kain putih.

Klaim serangan senjata kimia yang muncul bersamaan dengan kedatangan tim penyelidik senjata kimia PBB tiba di Suriah untuk mencari fakta terkait tuduhan penggunaan senjata kimia dalam konflik bersenjata yang sudah berlangsung 29 bulan ini.

Sementara itu, seorang pakar dampak senjata kimia mengatakan, sejumlah video yang diunggah ke internet terlihat tidak terlalu meyakinkan.

"Saat ini, saya tidak terlalu yakin karena orang-orang yang menolong korban tidak mengenakan pakaian pelindung apa pun dan tanpa mengenakan masker pelindung," kata Paula Vanninen, Direktur Verifin, institut untuk verifikasi konvensi senjata kimia di Finlandia.

"Dalam kasus sesungguhnya, mereka juga akan terkontaminasi dan menunjukkan gejala yang sama seperti korban," tambah Vanninen.

Sementara itu, John Hart, Kepala Proyek Pengamanan Bahan Kimia dan Biologi di Institus Riset Perdamaian Internasional Swedia, menyatakan hal yang hampir sama.

Halaman:
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.