Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi India Tangkap Kepsek Terkait Kasus Makanan Beracun

Kompas.com - 24/07/2013, 20:14 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Kepolisian India, Rabu (24/7/2013), menangkap kepala sekolah tempat 23 siswanya meninggal dunia akibat makanan gratis beracun belum lama ini.

"Ibu kepala sekolah yang menghilang selama lebih dari sepekan ditahan saat hendak menyerahkan diri ke pengadilan," kata perwira polisi distrik Saran, Negara Bagian Bihar, Sujit Kumar.

Anak-anak sekolah di Bihar itu jatuh sakit beberapa menit setelah menyantap nasi dengan kari kedelai dan kentang pada 16 Juli lalu.

Mereka muntah-muntah dan menderita kejang perut. Puluhan siswa meninggal dunia di rumah sakit saat tengah perawatan di rumah sakit.

Hasil pemeriksaan tim forensik menunjukkan bahwa makanan yang disantap anak-anak itu terkontaminasi monocrotophos, satu jenis pestisida mematikan yang dilarang di banyak negara.

Polisi mengatakan, kepala sekolah itu merupakan kunci untuk menguak misteri proses pestisida berbahaya tersebut bisa berada di dalam makanan untuk anak-anak itu.

Polisi sudah mencari ibu kepala sekolah itu sejak dia kabur dari distrik tempat sekolahnya berada.

Makan siang gratis merupakan bagian dari skema makan siang yang melayani 120 juta anak-anak dan bertujuan untuk memerangi malanutrisi dan mendorong minat bersekolah.

Namun, sejumlah kalangan mempertanyakan soal keamanan dan kesehatan makanan yang diberikan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com