Kompas.com - 15/07/2013, 17:06 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Kegagalan pembicaraan sesi ketiga antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) menjadi penanda kalau kedua Korea belum seiya sekata soal Kaesong. Warta Yonhap mengemukakan hal itu pada Senin (15/7/2013). "Kedua pihak gagal mencapai perjanjian pada pembicaraan ini," kata pihak Seoul.


Pembicaraan sesi ketiga itu dihelat di Kaesong. Ada dua tahap pembicaraan dalam kesempatan tersebut. Tahap pertama merupakan dialog masing-masing tiga anggota delegasi. Kemudian, tahap kedua adalah pembicaraan tingkat ketua delegasi.

Topik pembicaraan pada sesi ketiga adalah upaya menormalisasi kompleks industri ini pascapenutupan sepihak oleh Korut pada April silam. Pihak Selatan meminta Pyongyang bertanggung jawab atas kerusakan perusahaan-perusahaan Korsel gara-gara kebijakan satu pihak tersebut.

Pihak Korsel juga minta agar Kaesong dikembangkan menjadi kawasan industri internasional. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan asing bisa berinvestasi lebih leluasa di Kaesong.

Sementara, Korut menuding Korsel sebagai biang keladi penutupan Kaesong. Soalnya, Korsel memanaskan situasi di Semenanjung Korea dengan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat. "Kami meminta Korsel mempercepat pembukaan Kaesong usai pekerjaan pemeliharaan," kata pihak Pyongyang.

Hingga kini, Kaesong menjadi tempat berinvestasi 123 perusahaan Korsel dengan mengoperasikan pabrik-pabrik di kawasan itu. Sejak penutupan, 53.000 pekerja terpaksa kehilangan pekerjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.