Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

834 Orang Terduga Anggota Milisi PKK Ditangkap Aparat Turki

Kompas.com - 15/02/2017, 09:39 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Sebanyak 834 orang yang diduga memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) telah ditahan selama dua hari belakangan dalam operasi anti-teror di seluruh Turki, kata Direktorat Keamanan Turki.

Operasi tersebut dilakukan di 37 provinsi berbeda, termasuk di Ankara, Adana, Mersin, Konya, dan Antalya, kata pernyataan itu seperti dilaporkan Xinhua, Rabu (15/2/2017).

Sedikitnya 86 tersangka ditahan pada Selasa (14/2/2017), sementara tersangka lain ditangkap pada Senin (13/2/2017).

Kemenakan laki-laki dari Sirri Sakik, wali kota Agri di provinsi Turki Timur, juga ditangkap di Mus.

Selama serangan itu, dua senapan serang AK-47, 11 pistol, 15 senapan laras pendek dan 437 magasin disita oleh aparat keamanan.

Menurut pernyataan itu, operasi dilakukan sebagai reaksi atas perintah kader senior PKK kepada gerilyawan PKK agar melancarkan serangan dalam apa yang disebut "serangan musim semi", untuk memperingati tahun ke-18 penangkapan Abdullah Ocalan, pemimpin PKK yang telah dipenjarakan.

PKK dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh AS, Uni Eropa, dan Turki, tapi kader seniornya telah lama menghindari penangkapan dengan memanfaatkan pegunungan di bagian tenggara Turki sebagai tempat berlindung di daerah di Irak utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com