Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia: 8.000 Orang Tinggalkan Aleppo Timur Dalam 24 Jam

Kompas.com - 09/12/2016, 19:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Militer Rusia, Jumat (9/12/2016), telah membantu lebih dari 8.000 warga Suriah, termasuk 3.000 anak-anak, melarikan diri dari Aleppo timur, Suriah dalam 24 jam terakhir.

Dalam pernyataannya, militer Rusia mengatakan, 14 pejuang oposisi juga telah menyerah kepada pasukan pemerintah Suriah, meletakkan senjata mereka, dan menyeberang ke Aleppo barat.

Mereka semua telah diampuni, demikian pernyataan milier Suriah, seperti dilaporkan Reuters.

Kantor berita Rusia, RIA, mengutip Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, Kamis (8/12/2016), mengatakan, tentara Suriah telah menghentikan kegiatan militer untuk membiarkan warga sipil meninggalkan wilayah yang dikuasai pemberontak.

Militer Suriah telah merebut beberapa wilayah, termasuk kota tua Aleppo yang bersejarah dalam beberapa hari terakhir ini.

Kendati demikian, di bagian kota yang dikuasai pemerintah masih bisa terdengar suara pemboman setelah pernyataan untuk itu diterbitkan.

Sementara Washington mengatakan tidak ada konfirmasi bahwa tentara telah menghentikan tembakan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah bekerja keras untuk menetralisir area ranjau di Aleppo timur yang direbut pasukan pemerintah Suriah dari kelompok oposisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com