Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bom di Tempat Suci Umat Syiah di Suriah, 140 Tewas

Kompas.com - 22/02/2016, 09:29 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Serangkaian serangan bom bunuh diri di dekat sebuah tempat suci Syiah di ibu kota Suriah, Damaskus, dan kota Homs, Minggu (21/2/2016), menewaskan sedikitnya 142 orang.

Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas aksi yang menewaskan ratusan orang tersebut.

Aksi berdarah itu diawali sebuah bom mobil di dekat Damaskus dan diikuti dua serangan bom bunuh diri yang menghantam kawasan di dekat tempat suci Syiah, Sayyida Zeinab, yang menewaskan 83 orang.

Kantor berita Suriah, SANA, yang mengutip kepolisian, mengabarkan, 178 orang juga terluka, termasuk di dalamnya anak-anak karena ledakan terjadi bertepatan dengan waktu pulang sekolah.

Seorang reporter AFP mengatakan, ledakan itu hanya berjarak 400 meter dari tempat suci umat Syiah yang berisi makam salah seorang cucu perempuan Nabi Muhammad.

Serangan di tempat yang sama pernah terjadi pada Januari lalu yang menewaskan setidaknya 70 orang.

ISIS langsung mengatakan bertanggung jawab atas peristiwa itu. Organisasi itu menambahkan, dua pengebom bunuh diri menyerang Sayyida Zaenab dan dua lainnya mengendarai mobil berisi bahan peledak.

Sementara itu, di kota Homs, bom bunuh diri menghancurkan kawasan Al-Zahraa, yang sebagian penduduknya adalah pemeluk sekte Alawi sama seperti Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Akibat serangan bom itu, sejumlah toko dan mobil hancur, sementara korban tewas tercatat setidaknya 59 orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com