Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksa Turki Selesaikan Dakwaan Skandal Suap Pejabat

Kompas.com - 14/03/2014, 22:29 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung Turki, Jumat (14/3/2014), telah menyelesaikan bagian pertama surat dakwaan terkait skandal suap yang mengguncang 11 tahun pemerintahan PM Recep Tayyip Erdogan.

Nama 21 orang termasuk di dalam surat dakwaan itu termasuk, wali kota distrik Fatih, Istanbul, Mustafa Demir. Distri Fatih merupakan basis partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), partai penyokong PM Erdogan.

Jaksa penuntut Ekrem Aydiner telah menyelesaikan bagian pertama surat dakwaan, yang kemudian akan dikirimkan ke pengadilan untuk persetujuan formal. Demikian kantor berita Dogan.

Kasus yang menjerat ke-21 orang itu adalah penyuapan, pemalsuan dan melanggar undang-undang konservasi dan properti alam.

Penyelidikan kasus suap ini menjadi tantangan terbesar Erdogan dan partai AKP karena muncul menjelang pemilihan lokal yang krusial pada 30 Maret mendatang.

Sejumlah sekutu dekat Erdogan terjerat dalam penyelidikan suap ini termasuk putra tiga menteri kabinet Erdogan. Para menteri itu telah mengundurkan diri.

Akibat skandal ini, Erdogan melakukan "pembersihan" dengan memecat atau mencopot ratusan perwira polisi dan jaksa yang diyakini terlibat dalam penyelidikan ini serta terkait dengan rival lama Erdogan, ulama Fethullah Gulen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com