Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang-orang Heroik Saat Ledakan Bom Pakistan

Kompas.com - 29/09/2013, 22:33 WIB
PAKISTAN, KOMPAS.COMBom mobil meledak di Peshawar, kota sebelah barat laut di Pakistan, Minggu (29/9/2013). Ledakan terjadi di daerah sibuk pasar Kissa Khawani, gerbang menuju daerah yang bermasalah dan dipengaruhi oleh kelompok Taliban dan jaringan Al Qaeda.

Sebanyak 39 orang terbunuh dalam peristiwa ini. Korban tewas meliputi enam anak dan tiga perempuan. Lebih dari 100 orang cedera parah, kata pejabat rumah sakit Peshawar.

Dalam beberapa foto yang disiarkan kantor berita AP dan AFP tampak merekam seorang pria yang sama, berlari mengevakuasi anak-anak dan pria korban ledakan bom yang terluka.

Aksi penyelamatan juga dilakukan warga sipil lainnya dan para relawan. Mereka saling membantu dan membawa korban ledakan menuju rumah sakit setempat.

Ledakan terjadi pukul 10.50 waktu setempat. Bom diletakkan di dalam mobil yang diparkir 20 meter dari kantor polisi di pasar dan diledakkan dengan menggunakan kendali jarak jauh, kata polisi sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Lihat foto lengkap: Aksi Heroik di Tengah Ledakan Bom Pakistan

AP PHOTO / MOHAMMAD SAJJAD Warga membantu korban ledakan bom mobil di Peshawar, Pakistan, 29 September 2013. Ledakan terjadi di daerah jalanan sibuk pasar Kissa Khawani. Sebanyak 39 orang tewas dalam tragedi ketiga selama sepekan lalu di kota ini.
Shafqat Malik, Asisten Inspektur Jenderal Satuan Penjinak Bom, mengatakan sebanyak 200 kilogram peledak digunakan dalam bom itu, menghancurkan hampir 20 toko dan enam kendaraan di daerah yang berdekatan.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas serangan bom tersebut.

AFP PHOTO / A MAJEED Relawan dan petugas bersama-sama di lokasi ledakan bom mobil di Peshawar, Pakistan, 29 September 2013. Ledakan terjadi di daerah jalanan sibuk pasar Kissa Khawani. Sebanyak 39 orang tewas dalam tragedi ketiga selama sepekan lalu di kota ini.
Serangan beruntun

Ledakan ini adalah serangan serius yang beruntun di kota tersebut selama sepekan lalu. Pada 22 Septemper, dua serangan bom di Peshawar merenggut lebih dari 80 jiwa, sehingga memicu protes di seluruh negeri tersebut.

Pada Jumat, 27 September, satu bus yang membawa pegawai pemerintah lokal jadi korban serangan bom yang diletakkan di dalamnya, sehingga menewaskan 19 orang.

Minggu pekan sebelumnya, serangan bom bunuh diri di gereja Peshawar telah menyebabkan 82 orang meninggal, memicu protes luas.

Pada Jumat, bom berkekuatan besar mengoyak sebuah bus yang mengangkut pegawai pemerintah di ujung kota Peshawar dan menyebabkan 18 orang meninggal.

Lihat foto lengkap: Aksi Heroik di Tengah Ledakan Bom Pakistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com