Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

68 Tahun Silam, Bom Nuklir Luluh Lantakkan Nagasaki

Kompas.com - 09/08/2013, 16:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Pada 68 tahun silam, bom nuklir meluluhlantakkan Nagasaki. Kini, Jumat (9/8/2013), warga Jepang pada umumnya beserta Perdana Menteri Shinzo Abe memperingati peristiwa memilukan itu sembari menengok ke depan membawa pesan penghapusan senjata nuklir.


Perhelatan itu juga ikut diperingati oleh 44 negara yang datang. Acara peringatan itu diadakan di Taman Perdamaian. Para pengunjung mengheningkan cipta pada pukul 11.02 waktu setempat. Pada saat itulah, bom atom meledak di Nagasaki.

Menurut warta Kyodo, pesan penghapusan bom atom juga sudah disampaikan PM Abe tiga hari silam. Kala itu, ia ikut dalam peringatan peledakan bom di Hiroshima pada 1945.

Namun demikian, Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue mengkritik pemerintah Jepang soal senjata nuklir itu. Pasalnya, menurut Taue, Jepang gagal meneken penolakan penggunaan senjata nuklir. "Saya tegaskan kembali kepada pemerintah, Jepang adalah satu-satunya negara yang menjadi korban peledakan bom nuklir,"kata Tomihisa Taue.

Demi mengakhiri Perang Dunia II, negeri Uwak Sam menjatuhkan dua bom atom di Jepang. Masing-masing bom meledak di Hiroshima dan Nagasaki. Dalam peledakan di Nagasaki, tercatat 7.400 orang tewas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com