Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Perempuan Pertama Melintasi Selat Inggris

Kompas.com - 16/04/2019, 11:48 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesawat terbang menjadi salah satu penemuan besar pada awal abad ke-20. Dunia penerbangan kian berkembang ketika beberapa orang mencoba melakukan misi penerbangan untuk mencapai titik tertentu.

Tak hanya didominasi oleh pihak lelaki saja, perempuan juga mempunyai peran penting dalam misi penerbangan. Mereka bertekad untuk mencatatkan namanya dalam rekor sejarah penerbangan.

Berawal dari melintasi selat, lautan, samudra hingga daratan yang letaknya puluhan hingga ribuan kilometer. Bermodal tekad, para penerbang ini menghiraukan risiko akan kecelakan.

Hari ini 107 tahun yang lalu, tepatnya pada 16 April 1912, Selat Inggris juga menjadi saksi ketika seorang pilot perempuan terbang melintasinya menggunakan pesawat.

Dilansir dari National Geographic, perempuan itu bernama Harriet Quimby yang berhasil melakukan pencapaian sejarah. Dia terbang dari Dover di Inggris menuju Hardelot di Perancis.

Baca juga: Pionir dan Misi Penerbangan Inspiratif yang Tercatat dalam Sejarah...

Quimby menggunakan pesawat monoplane Bleriot melewati kabut tebal dan bermodalkan kompas kecil. Setelah satu jam penerbangan, akhirnya dia berhasil turun pada lokasi yang telah ditentukan.

Keberhasilan Quimby menjadikan namanya tercatat sebagai perempuan pertama yang terbang melintasi Selat Inggris. Quimby juga merupakan pilot Amerika Serikat (AS) pertama yang berhasil mendapatkan lisensi penerbangan sebelumnya.

Prestasi yang membanggakan ini hanya sedikit mendapatkan perhatian media, karena tenggelamnya RMS Titanic sehari sebelumnya yang menghabiskan minat publik dan banyak mengisi surat kabar.

Seorang jurnalis menjadi pilot

Harriet Quimbywikipedia Harriet Quimby

Harriet Quimby lahir pada 1875 di Michigan. Setelah keluarganya pindah ke San Francisco, California, dia memutuskan menjadi seorang jurnalis.

Ia menulis untuk San Francisco Dramatic Review dan juga berkontribusi pada edisi Minggu San Francisco Chronicle dan San Francisco Call.

Pada 1903, dia pindah ke Manhattan, New York City. Dia terus melanjutkan kegiatannya untuk menulis dan mulai tertarik dalam dunia penerbangan. Ketika pembuatan pesawat mulai berkembang, dia semakin tertarik.

Artikel-artikel tulisannya berkaitan dengan penerbangan dan mempromosikan dunia aviasi untk potensi ekonomi.

Pada 1910, dia menghadiri acara penerbangan di Belmont Park, Elmont, New York. Dia bertemu dengan dengan seorang operator penerbangan dari sekolah penerbang dan menunjukkan keinginan mendapatkan lisensi penerbangan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Trans-Atlantik Amelia Earhart

Akhirnya, ia mengikuti tes pilot dan menjadi perempuan AS pertama yang mendapatkan sertifikat penerbang Aero Club of America. Sebagai seorang pilot dan jurnalis, dia semakin dikenal.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com