Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Trans-Atlantik Amelia Earhart

Kompas.com - 21/05/2017, 17:00 WIB
Wikipedia Amelia Earhart berfoto di bawah pesawat Lockheed model 10E-Electra yang diterbangkannya dalam upaya keliling dunia yang berakhir setelah dia dinyatakan hilang di Samudera Pasifik.

KOMPAS.com - Pada 1927 penerbang Amerika Serikat Charles Lindbergh menjadi orang pertama di dunia yang terbang sendirian melintasi Samudera Atlantik.

Lima tahun kemudian giliran penerbang Amelia Earhart menjadi perempuan pertama yang terbang melintasi Saudera Atlantik.

Dia mencatatkan namanya dalam sejarah setelah mendaratkan pesawatnya di Irlandia setelah terbang sejauh 2.000 mil dari Newfoundland, Kanada.

Setelah kesuksesan Linbergh, Amy Guest (1873-1959) menyatakan ketertarikannya menjadi perempuan pertama yang terbang solo melintasi Samudera Atlantik.

Namun, setelah menyimpulkan penerbangan itu terlalu berbahaya, maka Amy memutuskan akan menjadi sponsor perempuan yang berani melakukannya.

Pada April 1928, Amelia Earhart yang sedang bekerja mendapatkan telepon dari Kapten Hilton H Riley yang menanyakan kesediaannya terbang melintasi Atlantik.

Kordinator proyek kemudian mewawancarai Amelie dan memintanya mendampingi Kapten Wilmer Stultz dan koilot Louis Gordon dalam penerbangan lintas Atlantik itu.

Apa tugas Amelia? Dia "hanya" bertanggung jawab menjaga buku catatan (log) penerbangan.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Terbakarnya Hindenburg

Akhirnya, tim tersebut lepas landas dari Pelabuhan Trepassey, Newfoundland dengan menggunakan sebuah pesawat Fokker F.VIIb/3m pada 17 Juni 1928.

Penerbangan itu berakhir dengan pendaratan di Pwll dekat Burry Port, Wales pada 20 jam 40 menit setelah lepas landas.

Saat diwawancarai saat mendarat Amelia mengatakan kepada jurnalis sepanjang penerbangan pesawat dikemudikan Wilmer Stultz.

"Stultz yang menerbangkan pesawat ini. Saya hanya barang bawaan, seperti sekarung kentang. Mungkin satu hari nanti saya akan melakukannya sendiri," ujar Amelia.

Meski hanya berstatus penumpang, Amelia Earhart tetap mendapatan publikasi sebagai perempuan pertama yang melintasi Atlantik dengan menggunakan pesawat udara.

Dia bahkan, setibanya kembali di AS, diarak di New York dan diterima Presiden Calvin Coolidge di Gedung Putih.

Meski sudah mencatatkan namanya dalam sejarah, Amelia Earhart tetap ingin memiliki rekor sendiri.

Tak lama setelah kembali ke AS, dia menerbangkan sebuah Avian 7083 dan menjadi perempuan pertama yang terbang melintasi Amerika Utara pada 1928.

Tak hanya itu, kemampuannya menerbangkan pesawat dan profesionalismenya juga meningkat.

Page:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErvan Hardoko

Terkini Lainnya


Close Ads X