Kompas.com - 23/02/2019, 11:40 WIB

KOMPAS.com — Penemuan pesawat terbang oleh Wright Bersaudara, Orville dan Wilbur, berhasil merevolusi alat transportasi dan cara manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Ketika dunia aviasi semakin berkembang, pesawat digunakan untuk berbagai kepentingan. Selain untuk militer dan transportasi, pesawat juga digunakan untuk kepentingan misi tertentu.

Misi itu seperti pemetaan wilayah hingga lomba untuk menjadi yang tercepat dalam mencapai wilayah tertentu.

Setidaknya ada beberapa pionir yang berperan melakukan sejumlah misi bersejarah menggunakan pesawat. Berikut di antaranya:

1. Amelia Earhart

Amelia Earhart berfoto di bawah pesawat Lockheed model 10E-Electra yang diterbangkannya dalam upaya keliling dunia yang berakhir setelah dia dinyatakan hilang di Samudera Pasifik.Wikipedia Amelia Earhart berfoto di bawah pesawat Lockheed model 10E-Electra yang diterbangkannya dalam upaya keliling dunia yang berakhir setelah dia dinyatakan hilang di Samudera Pasifik.
Amelia Earhart merupakan perempuan pilot asal Amerika Serikat (AS) yang dikenal sebagai salah satu pionir dalam dunia penerbangan.

Ketika masih menjadi perawat di Spadina, Earhart dan teman-temannya menyaksikan pertunjukan terbang pesawat Perang Dunia I di Toronto.

Setelah itu, Earhart menghabiskan waktunya dengan mengamati para pilot di Korps Penerbang Kerajaan Inggris dan berlatih di lapangan terbang setempat. Earhart kembali ke AS, kemudian masuk Columbia University di New York sebagai mahasiswa jurusan pra-kedokteran.

Pengalaman terbang pertamanya terjadi pada Desember 1920 di California bersama pilot terkenal Perang Dunia I, Frank Hawks. Pada Januari 1921, dia mengambil kursus terbang bersama instruktur terbang perempuan Neta Snook.

Untuk membayar biaya les, dia bekerja sebagai juru tulis di Perusahaan Telepon Los Angeles. Dari hasil bekerja di tahun yang sama, dia membeli pesawat Kinner Airster bekas berwarna kuning yang diberi nama The Canary.

Pada Desember 1921, Earhart lolos tes terbang dan memperoleh sertifikat Asosiasi Aeronautika. Dia berpartisipasi dalam ekshibisi perdana di Sierra Airdrome di Pasadena.

Amelie Earhart merupakan perempuan pilot pertama yang melakukan terbang solo melintasi Samudra Atlantik dan orang pertama yang terbang dari Hawaii ke daratan utama AS.

Baca juga: 11 Januari 1935, Amelia Earhart Terbang Solo dari Hawaii ke California

2. Jean Batten

Perempuan penerbang asal Selandia Baru, Jean Gardner Batten.NEW ZEALAND HISTORY / NZHISTORY.govt.nz Perempuan penerbang asal Selandia Baru, Jean Gardner Batten.
Jean Batten merupakan perempuan penerbang asal Selandia baru yang terkenal pada 1930-an. Dia tercatat telah melakukan sejumlah penerbangan solo yang bersejarah, selain dari catatan waktu ataupun karena dilakukan pertama kali oleh seorang perempuan.

Keinginannya menjadi penerbang muncul setelah diajak oleh seorang pilot Australia, Charles Kingsford Smith, dalam penerbangan ke Sidney, Australia, menggunakan pesawat Southern Cross.

Impian Jean mendapat dukungan dari orangtuanya, terutama sang ibu, Ellen, yang kemudian membawanya pindah ke Inggris pada 1929.

Pada 1930, Jean menjalani penerbangan solo pertamanya dan dua tahun berselang, dia telah memperoleh izin penerbang komersial.

Pada Mei 1934, Jean akhirnya dapat merampungkan penerbangan Inggris-Australia dalam waktu 14 hari dan 22 jam, lebih cepat empat hari dari catatan rekor Amy Johnson.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Jean Batten, Wanita Penerbang Solo Asal Selandia Baru

Berkat usahanya, Jean meraih ketenaran, penghargaan, dan kontrak dengan perusahaan minyak Castrol.

Pada 1935, Jean menjadi perempuan penerbang pertama yang merampungkan rute penerbangan Australia-Inggris dan kembali dalam 17 hari 15 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.