Salin Artikel

Pionir dan Misi Penerbangan Inspiratif yang Tercatat dalam Sejarah...

Ketika dunia aviasi semakin berkembang, pesawat digunakan untuk berbagai kepentingan. Selain untuk militer dan transportasi, pesawat juga digunakan untuk kepentingan misi tertentu.

Misi itu seperti pemetaan wilayah hingga lomba untuk menjadi yang tercepat dalam mencapai wilayah tertentu.

Setidaknya ada beberapa pionir yang berperan melakukan sejumlah misi bersejarah menggunakan pesawat. Berikut di antaranya:

Ketika masih menjadi perawat di Spadina, Earhart dan teman-temannya menyaksikan pertunjukan terbang pesawat Perang Dunia I di Toronto.

Setelah itu, Earhart menghabiskan waktunya dengan mengamati para pilot di Korps Penerbang Kerajaan Inggris dan berlatih di lapangan terbang setempat. Earhart kembali ke AS, kemudian masuk Columbia University di New York sebagai mahasiswa jurusan pra-kedokteran.

Pengalaman terbang pertamanya terjadi pada Desember 1920 di California bersama pilot terkenal Perang Dunia I, Frank Hawks. Pada Januari 1921, dia mengambil kursus terbang bersama instruktur terbang perempuan Neta Snook.

Untuk membayar biaya les, dia bekerja sebagai juru tulis di Perusahaan Telepon Los Angeles. Dari hasil bekerja di tahun yang sama, dia membeli pesawat Kinner Airster bekas berwarna kuning yang diberi nama The Canary.

Pada Desember 1921, Earhart lolos tes terbang dan memperoleh sertifikat Asosiasi Aeronautika. Dia berpartisipasi dalam ekshibisi perdana di Sierra Airdrome di Pasadena.

Amelie Earhart merupakan perempuan pilot pertama yang melakukan terbang solo melintasi Samudra Atlantik dan orang pertama yang terbang dari Hawaii ke daratan utama AS.

Keinginannya menjadi penerbang muncul setelah diajak oleh seorang pilot Australia, Charles Kingsford Smith, dalam penerbangan ke Sidney, Australia, menggunakan pesawat Southern Cross.

Impian Jean mendapat dukungan dari orangtuanya, terutama sang ibu, Ellen, yang kemudian membawanya pindah ke Inggris pada 1929.

Pada 1930, Jean menjalani penerbangan solo pertamanya dan dua tahun berselang, dia telah memperoleh izin penerbang komersial.

Pada Mei 1934, Jean akhirnya dapat merampungkan penerbangan Inggris-Australia dalam waktu 14 hari dan 22 jam, lebih cepat empat hari dari catatan rekor Amy Johnson.

Berkat usahanya, Jean meraih ketenaran, penghargaan, dan kontrak dengan perusahaan minyak Castrol.

Pada 1935, Jean menjadi perempuan penerbang pertama yang merampungkan rute penerbangan Australia-Inggris dan kembali dalam 17 hari 15 jam.

Di tahun yang sama, Jean juga menorehkan catatan waktu terbaik untuk penerbangan Inggris-Brasil sejauh 8.000 kilometer dalam 61 jam 15 menit.

Pada 1936, Jean mencatatkan rekor dunia untuk penerbangan Inggris-Selandia Baru sejauh 22.891 kilometer dalam waktu 11 hari 45 menit.

Setahun berselang, Jean mencatatkan rekor penerbangan solo pergi pulang Australia-Inggris dalam waktu 5 hari 18 jam.

Ketertarikan dalam dunia aviasi berawal dari ketika ia mempunyai keinginan untuk terbang. Ia belajar sendiri teknik penerbangan pada 1910 dan mulai menerbangkan pesawat.

Minat Angkatan Laut AS untuk dapat menerbangkan pesawat di lautan semakin serius pada 1911. Setelah keberhasilan Ely pada sesi pertama, dia mendapatkan tawaran untuk bisa terbang sekaligus mendarat pertama pada kapal.

Kapal USS Pennsylvania dipersiapkan di San Francisco. Ely juga mempersiapkan pesawatnya dengan desain yang lebih baik.

Pada 18 Januari 1911, Ely berhasil mengukir sejarah lagi karena berhasil melakukan tantangan itu. Ely berhasil terbang solo dan mendarat di atas kapal itu dengan selamat.

Selain bisa mencatatkan namanya dalam sejarah aviasi, dia juga seorang pelopor penerbangan angkatan laut. Berkat dirinya, akhirnya angkatan laut mampu menerbangkan pesawat untuk mobilitas militer di lautan.

Pasca-keberhasilannya, dia mengikuti serangkaian pameran aviasi dari satu tempat ke tempat lain. Dia menerbangkan pesawatnya berdasarkan insting karena sebagian besar yang dia ketahui tentang penerbangan dipelajari ketika terbang.

4. Penerbangan Wiley Post keliling dunia

Penerbang Amerika, Wiley Post, kembali ke Floyd Bennett Field di New York setelah terbang solo ke seluruh dunia.

Perjalanan Post diselesaikan dalam 7 hari, 18 jam, dan 49 menit. Dia tercatat sebagai orang pertama yang berhasil melakukan perjalanan tersebut.

Post awalnya memulai penerbangan menuju Berlin pada 15 Juli 1933. Setelah istirahat, ia terbang menuju Uni Soviet sebelum kembali ke Amerika Utara dengan mengunjungi Alaska dan Kanada.

Dua tahun sebelumnya, Post telah mendapatkan ketenaran ketika berhasil terbang pada sisi utara bumi bersama Harold Gatty.

Untuk penerbangan solonya, ia terbang dengan jarak yang lebih jauh, yakni 25.099 kilometer, tetapi dengan waktu yang lebih cepat.

Ia menggunakan pesawat Winnie Mae yang merupakan sebuah monoplane Lockheed Vega yang dilengkapi dengan pilot otomatis dan radio pengarah untuk perjalanan solo.

Penerbangan perdana ini dilakukan oleh dua pilot asal Afrika Selatan, Letnan Kolonel Pierre van Ryneveld dan Letnan Kolonel Christopher Joseph Qunitin Brand, menggunakan pesawat bernama Silver Queen.

Pada saat itu, Kerajaan Inggris mempunyai koloni yang tersebar di beberapa negara di dunia. Letak pusatnya yang cukup jauh membuat komunikasi dengan pemerintahan di daerah kurang lancar.

Kemajuan teknologi pesawat juga membuat administrasi koloni dapat dilakukan lebih efisien. Saat itulah Angkatan Udara Inggris mulai melakukan penjelajahan rute menuju Timur Tengah, Australia, dan Afrika.

Langkah ini kemudian akan dijalankan oleh beberapa pihak, termasuk Letnan Kolonel Pierre van Ryneveld dan Letnan Kolonel Christopher Joseph Quintin Brand. Rencana ini mendapatkan respons baik dari pemerintah Inggris.

Berangkat dari London pada 4 Februari 1920 kedua pilot membutuhkan waktu 11 jam untuk melintasi Laut Mediterania. Cuaca buruk mengakibatkan pendaratan darurat di Wadia Halfa, Sudan.

Setelah dua kali mengalami masalah, akhirnya mereka berhasil meminjam pesawat dari otoritas setempat. Akhirnya, pada 17 Maret 1920 mereka mampu mendarat di Young's Field di Wynberg, Cape Town, Afrika Selatan.

Keberhasilan ini menjadi catatan sejarah dan berhasil membuka jalur udara dari Eropa menuju Afrika serta memudahkan akses untuk administrasi pada waktu itu. Kedua pilot tersebut juga diberikan gelar kebangsawanan karena pencapaian ini.

Seorang penjelajah asal Amerika Serikat bernama Richard Evelyn Byrd tercatat kali pertama melintas Kutub Selatan dengan pesawat.

Kejadian itu terjadi pada 29 November 1929, bersama tiga rekannya. Byrd berhasil terbang menuju Kutub Selatan.

Byrd terkenal sebagai seorang navigator yang sangat baik. Dia dikerahkan oleh Angkatan Laut menuju Greenland pada 1924 untuk membantu menjelajahi wilayah Arktik melalui udara.

Pada 1927, keinginan Byrd tumbuh lagi setelah ia berhasil melakukan penerbangan menuju Kutub Utara. Hal yang menjadikan dirinya bersemangat adalah keinginan untuk mengeksplorasi Kutub Selatan.

Awalnya, para penjelajah melakukan penerbangan menuju Ross Ice Shelf dekat Bay of Whales, Antartika untuk membuat kamp yang disebut "Little America". Setelah persiapan matang, akhirnya rencana itu dilakukan.

Dari sana, mereka melakukan penerbangan melintasi benua Antartika dan menemukan banyak wilayah yang tidak diketahui. Mereka terbang dari Riss Ice Shelf menuju Kutub Selatan.

Byrd menjatuhkan bendera Amerika di wilayah tersebut sebagai tanda pernah melakukan kunjungan. Setelah keberhasilan itu para penjelajah kembali menuju Little America. Mereka pergi dan kembali dalam waktu 18 jam 41 menit.

Penjelajah Amerika, Richard Evelyn Byrd, dan tiga rekannya tercatat dalam sejarah telah melakukan penerbangan pertama di Kutub Selatan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/23/11401601/pionir-dan-misi-penerbangan-inspiratif-yang-tercatat-dalam-sejarah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Kearifan Pilar Singa Ashoka

Kearifan Pilar Singa Ashoka

Internasional
Refleksi 12 Tahun Serangan Penembakan Brutal Mumbai

Refleksi 12 Tahun Serangan Penembakan Brutal Mumbai

Internasional
Amerika Meniru Indonesia?

Amerika Meniru Indonesia?

Internasional
Ulang Tahun Selebgram Ini Berujung Petaka, 3 Orang Tewas Termasuk Suaminya

Ulang Tahun Selebgram Ini Berujung Petaka, 3 Orang Tewas Termasuk Suaminya

Internasional
Takut Terkena Virus Corona, Seorang Pria Kurung Istrinya di Kamar Mandi

Takut Terkena Virus Corona, Seorang Pria Kurung Istrinya di Kamar Mandi

Internasional
Korea Utara Umumkan Uji Coba 'Artileri Laras Jauh'

Korea Utara Umumkan Uji Coba "Artileri Laras Jauh"

Internasional
Erupsi Gunung Merapi Jadi Perhatian Media Internasional

Erupsi Gunung Merapi Jadi Perhatian Media Internasional

Internasional
Anggotanya Tularkan Virus Corona, Pemimpin Sekte Sesat di Korsel Ini Berlutut Minta Maaf

Anggotanya Tularkan Virus Corona, Pemimpin Sekte Sesat di Korsel Ini Berlutut Minta Maaf

Internasional
Mahathir Salahkan Anwar Ibrahim atas Krisis Politik Malaysia: Dia Terobsesi Jadi PM

Mahathir Salahkan Anwar Ibrahim atas Krisis Politik Malaysia: Dia Terobsesi Jadi PM

Internasional
Kerusuhan India: Upaya Menentang UU Kewarganegaraan Kontroversial yang Tewaskan 42 Orang

Kerusuhan India: Upaya Menentang UU Kewarganegaraan Kontroversial yang Tewaskan 42 Orang

Internasional
[KABAR DUNIA SEPEKAN] Bayi Cemberut Saat Dilahirkan | Mahathir Kecewa Dikhianati Muhyiddin

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Bayi Cemberut Saat Dilahirkan | Mahathir Kecewa Dikhianati Muhyiddin

Internasional
Perubahan Wajah Afghanistan Selama 18 Tahun Diinvasi AS

Perubahan Wajah Afghanistan Selama 18 Tahun Diinvasi AS

Internasional
Momen Manis, Mahathir Mohamad Dapat Pelukan dari Sang Istri

Momen Manis, Mahathir Mohamad Dapat Pelukan dari Sang Istri

Internasional
Mengeluh soal Kehidupan, Pria Ini Meninggal Saat Siaran Langsung TV

Mengeluh soal Kehidupan, Pria Ini Meninggal Saat Siaran Langsung TV

Internasional
Virus Corona: Malaysia Tambah Empat Kasus, Armenia Umumkan Kasus Pertama

Virus Corona: Malaysia Tambah Empat Kasus, Armenia Umumkan Kasus Pertama

Internasional
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.