Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntikkan Jus Buah ke Tubuhnya, Lansia di China Hampir Mati

Kompas.com - 19/03/2019, 18:30 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber SCMP

CHENZHOU, KOMPAS.com - Kesehatan menjadi investasi paling berharga bagi setiap manusia sehingga berusaha untuk menjaga tubuh agar tidak sakit.

Namun, berhati-hatilah dalam mengupayakan raga agar tetap sehat. Pasalnya, seorang perempuan di China hampir mati karena menyuntikkan jus buah ke tubuhnya.

Melansir dari South China Morning Post, Senin (18/3/2019), perempuan berusia 51 tahun asal Guiyang, Chenzhou, provinsi Hunan, itu diidentifikasi bernama Zeng.

Baca juga: Terlilit Utang Rp 127 Juta, Mahasiswi di China Jual Sel Telur

Dia begitu tertarik dengan perawatan kesehatan yang tidak biasa.

Pada 22 Februari lalu, Zeng membuat jus yang dari 20 buah yang berbeda. Kemudian, dia memasukkan cairan itu melalui injeksi intraverna.

Meski merasa gatal dan suhu tubuhnya meningkat, dia tidak mempedulikannya.

Namun suaminya menyadari jika Zeng merasa tidak nyaman dan menemukan infusi tersebut. Dia segera membawa istrinya ke rumah sakit terdekat.

Kemudian, Zeng dipindahkan ke RS Xiangnan University untuk perawatan intensif. Dokter Liu Jianxiu mengatakan, perempuan itu mengalami infeksi parah, ginja, hati, dan jantungnya rusak.

Dia hampir mati karena kegagalan sejumlah organ dan peradangan di seluruh tubuhnya akibat infeksi.

Dokter kemudian membersihkan darahnya dengan dialisis dan tindakan medis lainnya sehingga kondisi Zeng menjadi lebih baik.

"Saya berpikir kalau buah segar punya banyak nutrisi dan tidak akan melukai saya jika saya suntikkan ke dalam tubuh," ujar Zeng.

Baca juga: Hampir 1.000 Kota di China Menyusut Jumlah Penduduknya

"Saya tidak tahu kalau akan membuat saya dalam masalah," imbuhnya.

Pakar nutrisi Lu Zhongyi mengatakan, beberapa buah memang bagus untuk kesehatan tapi bukan untuk disuntikkan melalui pembuluh darah.

Pengalaman Zeng seketika memenuhi media sosial China, Weibo, dengan 11.000 pengguna menuliskan tagar #OldWomanPutsJuiceIntoVeins.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com