Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Julian Assange dari Wikileaks dan Apa yang Lakukannya?

Kompas.com - 27/06/2024, 12:00 WIB
Egidius Patnistik

Penulis

Sumber BBC

JULIAN Assange telah tiba di Australia setelah bebas dari pengadilan Amerika Serikat (AS) menyusul kesepakatan dengan pihak berwenang AS.

Dia akhirnya mengaku bersalah atas satu tuduhan pidana yang diajukan pihak AS. Namun pengakuan itu merupakan bagian dari kesepakatan, setelah dia menentang ekstradisi ke AS. Pihak AS selama ini menuduh Assange telah membocorkan rahasia militer.

Apa yang Dilakukan Assange?

Assange mengelola Wikileaks, situs web yang menerbitkan banyak laporan rahasia atau terbatas tentang perang, kegiatan mata-mata, dan korupsi.

Tahun 2010, situs itu merilis sebuah video yang diambil dari sebuah helikopter militer AS yang menunjukkan pembunuhan warga sipil di ibu kota Irak, Bagdad.

Baca juga: Fakta Julian Assange, Pembocor Data Tingkat Tinggi Paling Berbahaya

Situs itu juga menerbitkan ribuan dokumen rahasia yang diberikan oleh mantan analis intelijen Angkatan Darat AS, Chelsea Manning. Dokumen-dokumen itu menunjukkan bahwa militer AS telah membunuh ratusan warga sipil dalam insiden yang tidak dilaporkan selama perang di Afghanistan.

Pengungkapan itu menjadi berita besar, memicu reaksi dari seluruh penjuru dunia dan menjadi sorotan tajam terkait keterlibatan AS dalam konflik di sejumlah negara.

AS mengatakan, bocoran tersebut membahayakan nyawa personel tentara AS.

Assange kemudian dituduh berkonspirasi untuk membobol database militer AS demi mendapatkan informasi sensitif. Dia pun didakwa dengan 18 pelanggaran.

Berbagai upaya lalu dilakukan untuk membawa dia ke AS guna diadili. Hal itu dilawan Assange selama 14 tahun terakhir di sejumlah pengadilan tinggi dunia.

Assange  berargumentasi bahwa dia mengungkapkan pelanggaran serius yang dilakukan angkatan bersenjata AS, dan bahwa kasus yang menimpa dirinya bermotif politik.

Siapa Julian Assange?

Assange lahir di Australia. Dia digambarkan oleh mereka yang pernah bekerja bersamanya sebagai sosok yang bertekad kuat, gigih, dan sangat cerdas, dengan kemampuan luar biasa dalam memecahkan kode komputer.

Dia mendapatkan reputasi untuk pemrograman komputer saat remaja. Pada tahun 1995, dia didenda karena pelanggaran terkait peretasan.

Apa Saja Tuduhan Pelecehan Seksual terhadap Assange?

Tahun 2010, saat Wikileaks memuplikasikan rekaman tentara AS menembak mati warga sipil Irak, pihak berwenang Swedia mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Assange. Dia tuduh telah memerkosa seorang perempuan dan menganiaya seorang perempuan lainnya.

Tuduhan itu menandai dimulainya perjuangan hukum Assange selama 14 tahun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com