Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Tiri Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia

Kompas.com - 12/12/2018, 16:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kim Song Ae, istri kedua dari pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, dilaporkan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Kim Song Ae, yang juga adalah nenek tiri dari Pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong Un, disampaikan oleh Kementerian Unifikasi Korea Selatan, pada Rabu (12/12/2018).

"Kami akan memperbarui data silsilah pemerintahan Korea Utara kami dengan memasukkan kabar kematiannya," kata juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Baek Tae-hyun.

Meski kabar kematiannya telah dikonfirmasi, namun rincian mengenai kapan waktu meninggal dan penyebabnya tidak diketahui pasti.

Baca juga: Sosok Kim Jong Un di Mata Perdana Menteri Singapura

Melansir dari AFP, Kim Song Ae, yang lahir pada 1924, menikah dengan Kim Il Sung pada 1953, empat tahun setelah meninggalnya istri pertama, Kim Jong Suk.

Dia adalah ibu dari Pyong Il, yang saat ini bertugas sebagai duta besar Korea Utara untuk Ceko.

Ini bukan kali pertama beredar kabar tentang kematian Kim Song Ae.

Pada 2014, Solidaritas Intelektual Korea Utara, kelompok pembelot Korut di Selatan, menyampaikan kabar kematian Kim Song Ae di Kanggye di mana dia hidup terasing dan tanpa komunikasi.

Korea Utara sangat tertutup tentang kabar yang menyangkut Kim Song Ae. Terakhir kali namanya disebut oleh media pemerintah adalah pada 1995, ketika dia terdaftar sebagai salah satu pihak yang berkabung di pemakaman mantan menteri pertahanan, Oh Jin U.

Selain Pyong Il, Kim Song Ae diketahui masih memiliki putra dan putri lain. Putra keduanya, Kim Yong Il, meninggal saat berusia 45 tahun di Jerman pada tahun 2000.

Sementara putrinya dikabarkan masih hidup dan tinggal bersama suaminya di Austria. Demikian dikabarkan kantor berita Yonhap.

Baca juga: Puji Sang Penguasa, Anak-anak Korut Sebut Kim Jong Un sebagai Ayah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com