Kompas.com - 12/06/2018, 12:34 WIB
|

SINGAPURA, KOMPAS.com — Di mata PM Singapura Lee Hsien Loong, Kim Jong Un adalah sosok seorang pemimpin muda penuh percaya diri yang ingin membangun "jalan baru" bagi negerinya.

"Saya kira dia ingin mengikuti sebuah jalan baru. Bagaimana dia begitu siap untuk melakukan kesepakatan dan bagaimana kesepakatan itu bisa dilaksanakan," ujar Lee saat diwawancarai CNN, Senin (11/6/2018).

"Saya kira dia punya keinginan untuk melakukan sesuatu yang lebih, dan itulah sebabnya dia mau bertemu Donald Trump," tambah Lee.

Sebelumnya, PM Lee sudah bertemu Kim Jong Un beberapa saat setelah pemimpin Korea Utara itu tiba di Singapura, Minggu (10/6/2018).

Baca juga: Kim Jong Un Berterima Kasih kepada PM Singapura

Keesokan harinya, PM Lee menggelar pertemuan yang dilanjutkan jamuan makan siang dengan Presiden Donald Trump dan delegasi Amerika Serikat.

Terkait pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump, Lee berharap kedua pemimpin tersebut bisa membalikkan tren negatif hubungan kedua negara.

"Kami berharap dengan menyediakan lokasi yang netral dan disetujui kedua pihak, kami mendukung sebuah pertemuan yang produktif yang akan mengubah tren negatif di Korea selama beberapa waktu terakhir," tambah Lee.

Sebab, lanjut Lee, ketegangan di Semenanjung Korea akan memengaruhi kawasan tersebut dan Asia Tenggara.

"Saya kira jika pertemuan ini menelurkan sebuah hasil yang positif, dan kami bisa memberikan kontribusi, saya ras itu adalah kewajiban yang harus kami lakukan," Lee menegaskan.

Baca juga: Jadi Lokasi KTT Kim dan Trump, Apa Keuntungan Bagi Singapura?

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Jalan Panjang Menuju pertemuan Trump dan Kim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.