Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Kemungkinan Belum akan Kunjungi Seoul Tahun Ini

Kompas.com - 12/12/2018, 12:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber UPI,Yonhap

SEOUL, KOMPAS.com - Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengumumkan pada Rabu (12/12/2018), rencana kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Seoul kemungkinan besar tidak akan terlaksana dalam tahun ini.

Diberitakan United Press International melansir Yonhap News, Kim kemungkinan belum akan berkunjung ke ibu kota Korea Selatan pada tahun ini.

Menurut kantor kepresidenan Korea Selatan, hal tersebut lantaran sejumlah alasan, di antaranya masalah keamanan, politik dalam negeri dan persiapan pertemuan dengan AS.

Dikabarkan sebelumnya, Presiden Moon Jae-in telah mengirimkan surat undangan kepada Kim untuk berkunjung ke Seoul namun hingga kini belum mendapat jawaban.

Baca juga: Lagi, Prajurit Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

Presiden Moon sendiri telah berkunjung ke Pyongyang pada September lalu dan sejak saat itu mengharapkan kunjungan balasan dari Ketua Kim.

"Tampaknya kunjungan (Kim Jong Un) sebelum akhir tahun ini akan sulit terlaksana. Kemungkinan kunjungan baru akan terlaksana setelah pertemuan AS dengan Korea Utara," kata seorang pejabat Korsel kepada surat kabar Korea Utara, Hankyoreh.

Menurut pengamat isu Korea Utara, Kim Jong Un tampaknya masih ingin mempertimbangkan undangan yang disampaikan Seoul, menyusul adanya sedikit perkembangan dalam pembahasan denuklirisasi dengan AS.

"Korea Utara tahu bahwa mereka perlu mengambil langkah-langkah berani untuk denuklirisasi, seperti melaporkan persenjataan nuklir yang dimiliki, di samping janji untuk membongkar fasilitas nuklir Yongbyon," kata Cho Seong-ryoul, peneliti senior dari Institut Strategi Keamanan Nasional, dikutip Hankyoreh.

Meski kemungkinan besar akan tertunda, namun harapan akan kunjungan Kim Jong Un ke Seoul masih sangat mungkin.

Menteri Unifikasi Korea Selatan, Cho Myoung-gyon mengatakan, pertemuan antara dua Korea akan menjadi momentum tambahan bagi pertemuan AS dengan Korut.

"Hal itu (pertemuan dua Korea) dapat menjadi batu pijakan untuk pertemuan AS dengan Korea Utara. Kami masih terus berhubungan dengan pihak Utara dan sedang menantikan jawaban," kata Cho.

Baca juga: Rencana Kunjungan Kim Jong Un Dorong Aksi Warga Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI,Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com