Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Narapidana Kabur, China Dilanda Kehebohan

Kompas.com - 05/10/2018, 13:47 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

BEIJING, KOMPAS.com - Di China kaburnya narapidana dari penjara amat jarang terjadi. Sehingga saat dua orang narapidana kabur dari LP Lingyuan, provinsi Liaoning terjadilah perburuan besar-besaran.

Selain itu, kali ini pemerintah juga melakukan hal yang amat jarang terjadi yaitu meminta bantuan masyarakat untuk mencari kedua narapidana.

Pemerintah menjanjikan hadiah uang sebesar 100.000 yuan atau Rp 221 juta bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi keberadaan kedua napi tersebut.

Kedua buronan itu adalah Wang Lei (33) dan Zhang Guilin (39).

Baca juga: Narapidana Tetap Diselamatkan Saat Bencana Alam, Ini Prosedurnya...

Tak banyak informasi soal Wang Lei yang pada 2017 dijatuhi hukuman mati karena melakukan penculikan.

Lalu pengadilan memutuskan eksekusi hukuman mati Wang Lei ditunda selama dua tahun dan pada akhir tahun lalu hukumannya diganti menjadi penjara seumur hidup karena dia berkelakuan baik.

Sementara Zhang Guilin adalah terpidana penjara seumur hidup dalam kasus perampokan.

Pada 2001 dia dijatuhi hukuman penjara tujuh tahun dan dibebaskan pada 2008. Namun, setelah bebas dia melakukan kejahatan yang sama.

Setelah ditangkap dan diadili, pada 2009, Zhang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan sejak saat itu sudah dua kali mencoba kabur.

Zhang dikenal kerap melakukan kekerasan dan pernah melukai sesama narapidana pada 2014. Demikian disampaikan situs berita The Paper.

Sejauh ini tidak diketahui pasti bagaimana kedua narapidana tersebut bisa kabur karena banyaknya laporan seputar peristiwa tersebut.

Baca juga: 172 Narapidana Kabur dari Penjara di Haiti, 2 Tewas

Situs berita The Beijing Youth Daily awalnya mengabarkan, keduanya kabur dengan menyamar menggunakan seragam  dan kartu akses milik penjaga penjara.

Namun, Radio Nasional China kemudian menyebut cara kedua narapidana itu kabur belum diketahui, tetapi kemungkinan kabur lewat jendela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com