Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Bersenjata Serang Penjara di Nigeria, 130 Napi Kabur

Kompas.com - 03/11/2014, 21:57 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Lebih dari 130 orang narapidana kabur dari penjara Korton Karfi, negara bagian Kogi, Nigeria, setelah sekelompok orang bersenjata meledakkan penjara tersebut.

"Saat serangan terjadi terdapat 145 narapidana di penjara itu saat serangan terjadi. Satu orang tewas, delapan orang ditangkap kembali dan empat lainnya menyerah. Sisanya masih buron," kata juru bicara gubernur Kogi, Jacob Edi, Senin (3/11/2014).

Di dalam penjara Korton Karfi itu terdapat banyak terpidana anggota kelompok militan Boko Haram, yang selama lima tahun terakhir mengobarkan pemberontakan terhadap pemerintah Nigeria.

"Mereka meledakkan penjara dengan menggunakan dinamit," kata juru bicara kepolisian Nigeria Emmanuel Ojukwu tentang serangan yang terjadi pada Minggu (2/11/2014) malam itu.

Pada 2012, Boko Haram juga pernah melakukan hal yang sama terhadap penjara Korton Karfi yang mengakibatkan lebih dari 100 orang narapidana kabur.

Namun, Ojukwu mengatakan, kali ini serangan terhadap penjara itu bukan dilakukan Boko Haram. Dia menduga serangan ini merupakan sebuah "aksi kriminal" semata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com