Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Dua Ibu Negara Korea yang Menyita Perhatian

Kompas.com - 27/04/2018, 21:23 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

SEOUL, KOMPAS.com — Selain pertemuan antara Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in, ada satu pertemuan lagi yang juga tak kalah menyita perhatian.

Pertemuan itu adalah antara Ibu Negara Korea Utara Ri Sol Ju dan Kim Jung-sook, Ibu Negara Korea Selatan.

Ri Sol Ju melintasi perbatasan kedua negara di Zona Demiliterisasi pada Jumat (27/4/2018) untuk menghadiri jamuan makan malam kenegaraan yang digelar Presiden Moon Jae-in.

Sebelum duduk di meja makan, Ri Sol Ju terlihat berbincang dengan Kim Jung-sook yang sekaligus menandai pertemuan pertama kedua ibu negara Korea.

Baca juga: Murid Sekolah hingga Napi di Penjara Jadi Saksi KTT Antar-Korea

Begitu tiba di Panmunjom pada pukul 18.15 waktu setempat, Ri Sol Ju langsung menuju Peace House di sisi selatan desa itu tempat jamuan makan malam digelar.

Di gedung yang sama, tepatnya di lantai dua, Kim Jong Un dan Moon Jae-in menggelar pertemuan bersejarah pada pagi hingga siang harinya.

"Saya gembira mendapat kabar dari suami saya bahwa pertemuan ini berjalan dengan sukses," kata Ri Sol Ju.

"Saya harap pembicaraan kedua pemimpin berlangsung dengan baik," ujar Ri kepada sebuah stasiun televisi Korea Selatan.

Meski baru pertama kali bertemu, kedua ibu negara ini tampak begitu akrab. Selain berbincang, keduanya juga terlihat sesekali tertawa lepas.

Keduanya bahkan terlihat beberapa kali saling menggenggam tangan, yang langsung menjadi "santapan" pada fotografer yang mengabadikan momen bersejarah itu.

Setelah saling menyapa, para ibu negara itu menghampiri suami mereka yang lalu memperkenalkan mereka kepada para pemimpin lain yang hadir dalam acara tersebut.

Ibu Negara Korea Selatan terlihat tersenyum lebar saat bertemu dengan Kim Jong Un, menjabat erat tangannya, dan sempat berbincang sejenak dengan pemimpin Korea Utara itu.

Baca juga: Korea Utara dan Korea Selatan Siap Akhiri Perang Tahun Ini

Demikian juga Ri Sol Ju, yang terlihat amat gembira saat bertemu Presiden Moon Jae-in, lalu bersulang untuknya, dan terus tersenyum di sepanjang jamuan makan malam.

Dalam jamuan makan malam itu, Ri Sol Ju mengenakan gaun berwarna merah muda yang elegan, dipadu dengan rok setinggi lutut, dengan rambut rapi tergerai di sisi wajahnya.

Ri Sol Ju terlihat terus mengumbar senyum saat duduk di samping suaminya dan pasangan tersebut terlihat bersemangat menghadiri momen bersejarah itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com