Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Berharap Pertemuan Dua Korea Hasilkan Perdamaian

Kompas.com - 27/04/2018, 09:39 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat berharap pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bakal membuat kemajuan menuju perdamaian dan kemakmuran.

"Kami berharap pembicaraan tersbeut akan mencapai kemajuan bagi perdamaian masa depan dan kemakmuran di seluruh Semenanjung Korea," tulis Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

"AS mengapresiasi koordinasi yang erat dengan sekutu kami, Korea Selatan, dan menantikan kelanjutan persiapan rencana pertemuan Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un pada beberapa pekan ke depan," lanjutnya.

Baca juga : Gedung Putih Rilis Foto Pompeo Berjabat Tangan dengan Kim Jong Un

Seperti diketahui, Kim dan Moon telah bertemu di Garis Demarkasi Militer di desa Panjunmon, Korea Selatan, untuk mengadakan pembicaraan pada Jumat (27/4/2018) pagi.

"Saya senang bertemu Anda," kata Moon kepada Kim.

Kim Jong Un menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang melangkahkan kaki di wilayah Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir.

Dalam perjumpaan itu, Moon sempat melangkahkan kaki di garis perbatasan pada wilayah Korea Utara, sebelum akhirnya berjalan bersama menuju lokasi pertemuan.

Pertemuan puncak kedua negara akan berpengaruh pada rencana perjumpaan Trump dan Kim.

Belum ada tanggal kepastian pertemuan mereka yang dijadwalkan berlangsung pada Mei atau Juni. Jika Trump dan Kim sungguh bertemu, itu akan menjadi pertemuan pertama bagi pemimpin negara AS dan Korea Utara.

Baca juga : Senyum Kim dan Moon Saat Bergandengan Tangan Lewati Garis Perbatasan

Pada Kamis (26/4/2018) waktu setempat, Trump mengatakan kepada saluran Fox News terkait kemungkinan dia akan berjumpa dengan Kim.

"Bisa jadi mungkin pertemuan itu bahkan tidak bakal terjadi. Siapa yang tahu?" katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com