Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barack Obama dan Hillary Clinton Jadi Orang Paling Dikagumi di AS

Kompas.com - 28/12/2017, 10:10 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Jajak pendapat lembaga Gallup menobatkan Barack Obama dan Hillary Clinton sebagai pria dan perempuan paling dikagumi di Amerika Serikat.

Dilansir dari The Independent, Rabu (27/12/2017), Obama berada di puncak barisan nomine selama 10 tahun terakhir, sementara Clinton telah memenangiposisi tersebut dalam 16 tahun berturut-turut.

Jajak pendapat itu menemukan 17 persen rakyat AS menyebut Obama sebagai pria yang paling mereka kagumi, sementara posisi kedua ditempati Presiden AS Donald Trump dengan raihan 14 persen.

Baca juga: Barack Obama Kembali ke Dunia Politik

Sementara istri mantan presiden AS Bill Clinton menjadi perempuan paling dikagumi dengan raihan suara 9 persen dari para responden.

Istri Obama, Michele, menempati Hillary Clinton dengan raihan suara 7 persen.

Obama dan Trump juga diikuti Paus Fransiskus yang berada di urutan ketiga sebagai pria paling dikagumi dengan presentase suara 3 persen.

Sementara 10 besar pria yang paling dikagumi di AS diisi politisi, pengusaha, dan tokoh agama.

Baca juga: Gaya Rambut Baru, Hillary Clinton Tampak Lebih Segar dan Muda

Dari hasil polling tersebut, Gallup menulis mantan presiden biasanya berada di dalam jajaran 10 besar, tetapi jarang sekali ada di posisi paling atas.

"Obama merupakan orang kedua. Sebelumnya, presiden ke-34 AS, Dwight D Eisenhower, terpilih sebagai pria paling dikagumi pada 1967 dan 1968," tulisnya.

Baca juga: Kicauan Barack Obama Jadi Tweet Paling Disuka Sepanjang Masa

Dalam jajak itu juga ditemukan seperempat responden tidak dapat menyebutkan nama pria atau perempuan yang paling mereka kagumi.

Sekitar 9 persen responden menyebutkan nama saudara atau teman sebagai pria yang paling dikagumi dan 13 persen responden juga melakukan hal yang sama untuk kategori perempuan paling dikagumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com