Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barack Obama Kembali ke Dunia Politik

Kompas.com - 19/10/2017, 13:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan Presiden AS Barack Obama kembali ke dunia politik untuk pertama kali setelah selama beberapa bulan "menghilang" dan menghindari konfrontasi langsung dengan Presiden Donald Trump.

Pria berusia 56 tahun itu dijadwalkan hadir dalam kampanye kandidat gubernur dari Partai Demokrat di New Jersey dan Virginia, Kamis (19/10/2017).

Warga di kedua negara bagian itu akan memberikan suara dalam pemilihan gubernur pada 7 November mendatang, setahun setelah Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden.

Pertarungan ini bisa menjadi indikator penting terkait sentimen pemilih menjelang pemilihan sela pada 2018, yang akan menjadi ujian Trump dan Partai Republik.

Baca: Barack Obama Tak Ingin Diperlakukan Istimewa Selama Berlibur di Bali

"Ada dua pemilihan besar tahun ini yaitu pemilihan gubernur New Jersey dan Virginia," kata pakar ilmu politik Profesor Larry Sabato.

Sejauh ini belum diketahui hal apa yang akan disampaikan Obama dalam kedua kampanye itu.

Sebab, sejak meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari lalu, Obama menjauhkan diri dari hiruk pikuk dunia politik.

Sementara itu, selama sembilan bulan pertamanya, Trump secara metodis menyingkirkan berbagai kebijakan kunci pemerintahan Obama.

Di sisi lain, Obama setelah berlibur selama tiga bulan mulai menuliskan memoarnya, tak muncul ke publik, dan nyaris tak pernah diwawancarai media.

Beberapa kali Obama bersuara ketika beberapa isu nasional dianggap sangat penting seperti imigrasi, layanan kesehatan, dan perubahan iklim.

Namun, presiden ke-44 AS itu nampaknya tak bisa terus berdiam diri , apalagi Trump berulang kali melontarkan kecaman terhadap dirinya.

Baca: Survei: Lebih dari Separuh Warga AS Rindukan Barack Obama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com