Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Trump Takkan Kunjungi Houston, Ada Apa?

Kompas.com - 29/08/2017, 11:22 WIB
Ericssen

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan akan terbang ke negara bagian Texas, Selasa ini (29/8/2017), untuk memantau dampak badai Harvey di sana. Namun, ada satu kota yang tidak akan dikunjungi Trump.

Berbicara kepada televisi CBS seperti dikutip Politico, Gubernur Texas Greg Abbott menyatakan,  Trump memutuskan untuk tidak singgah di Houston.

Houston, kota terpadat di Texas adalah salah satu kota dengan dampak badai terparah.

Kota tersebut pada saat ini dilanda oleh banjir dahsyat yang belum juga menunjukkan tanda-tanda akan segera surut, yang menjadikan kota itu bak sebuah kubangan raksasa.

Gubernur Abbott menyatakan keputusan diambil karena dikhawatirkan kunjungan presiden akan menganggu proses evakuasi dan penyelamatan yang sedang berlangsung di Houston.

Baca: Badai Harvey Menyapu Texas, Trump Deklarasikan Darurat Bencana

Menyadari begitu banyaknya sumber daya terutama dalam hal keamanan yang perlu dipersiapkan untuk kunjungan kerja presiden, Gedung Putih sepakat Trump tidak akan mengunjungi Houston.

Gedung Putih juga kelihatannya tidak ingin kritik yang tertuju ke mantan Presiden George W Bush terulang.

Ketika Badai Katrina menggulung kota New Orleans, Louisiana di tahun 2005, gambar Bush sedang terbang mengitari daerah bencana menjadi sumbr kritik.

Bush sendiri mengakui gambar itu memberikan impresi dia tidak peduli dan hanya sekedar melakukan pencitraan belaka.

Baca: Badai Harvey Mengganas, Presiden Trump Segera Kunjungi Texas

Presiden Trump telah mengumumkan keadaan darurat di Texas dan Lousiana. Dia juga rutin menggelar pertemuan untuk memastikan bantuan tersalurkan ke korban bencana.

Badai Harvey akan menjadi ujian terbesar pemerintaahn Trump yang sejauh ini terus dilanda kontroversi dan masalah berkepanjangan sejak dilantik tujuh bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com