Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Beri Prima Duta Award untuk Importir Minyak Sawit dari Italia

Kompas.com - 07/12/2016, 08:43 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menganugerahkan penghargaan Prima Duta kepada sebuah perusahaan di Italia, yang dinilai konsisten menggunakan minyak sawit dari Indonesia. 

Perusahaan yang menerima penghargaan itu adalah Società Elettrica per la Conservazione Ambientale (SECA) S.p.a.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Italia, August Parengkuan mewakili Pemerintah Indonesia, di Wisma Indonesia KBRI Roma, Selasa (6/12/2016).

Perusahaan SECA S.p.a merupakan perusahaan Italia yang bergerak dalam jasa pembangkit listrik dan memiliki basis usaha di Piombino, Provinsi Livorno, Italia.

Untuk menggerakkan turbin pembangkit listriknya, SECA S.p.a menggunakan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil) sebagai bahan bakar. 

Sementara, Prima Duta Award diberikan pada perusahaan yang dinilai telah berkontribusi dalam mendorong ekspor Indonesia ke mancanegara.

Penyerahan di Italia ini merupakan kelanjutan dari pemberian Prima Duta Award oleh Presiden Joko Widodo kepada para Duta Besar RI mewakili perusahaan yang dipilih sebagai penerima di negara akreditasinya.

Kala itu acara berlangsung saat Pembukaan Trade Expo Indonesia di Jakarta tanggal 12 Oktober 2016 lalu.

Sebanyak 60 perusahaan dari berbagai negara terpilih menjadi penerima penghargaan Prima Duta setelah melalui serangkaian seleksi ketat terhadap 262 perusahaan di 38 negara. 

Menanggapi hal ini, Marcello Maio, selaku perwakilan SECA S.p.a, mengungkapkan, sumber daya alam dan manusia Indonesia serta teknologi yang dimiliki Italia merupakan perpaduan yang dapat saling melengkapi.

Hal itu sangat membantu dalam pengembangan berbagai potensi ekonomi kedua negara.

Dia menilai, kerja sama yang baik di antara keduanya diyakini akan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi kedua negara.

Penyerahan penghargaan ini disaksikan oleh Konsul Kehormatan RI di Napoli, dan perwakilan dari Assosiasi untuk Kerjasama dan Persahabatan Italia-Indonesia.

Juga hadir perwakilan otoritas pelabuhan Piombino, serta pejabat KBRI Roma.

Seperti tertuang dalam siaran pers KBRI Roma yang diterima Kompas.com,  Dubes Parengkuan juga menyampaikan apresiasinya kepada SECA S.p.a.

Dia menilai perusahaan itu telah secara konsisten memanfaatkan minyak sawit mentah dari Indonesia.

Parengkuan mengakui peran penting para importir sebagai salah satu mesin penggerak perekonomian negara.

Para importir, kata Parengkuan, juga berkontribusi dalam meningkatkan angka ekspor Indonesia.

Dia berharap, dengan adanya penghargaan tersebut SECA S.p.a. akan lebih termotivasi untuk meningkatkan volume impor minyak sawit mentah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com