Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi Militer Suriah Kuasai Distrik Utama di Aleppo

Kompas.com - 06/12/2016, 21:34 WIB

ALEPPO, KOMPAS.com — Pasukan rezim Suriah pada Selasa (6/12/2016) selangkah lagi merebut distrik utama di kota Aleppo, Suriah utara, dari kendali kelompok oposisi.

Sementara itu, Moskwa dan Washington terus meningkatkan upaya untuk mengakhiri pertempuran di kota yang telah porak-poranda dihujani bom itu.

Setelah merebut kembali kontrol atas dua pertiga wilayah Aleppo timur dalam beberapa hari ini, pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad mulai mendekati Shaar, distrik terbesar di kota itu.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) mengatakan, jika distrik utama itu direbut kembali dari tangan oposisi, itu akan mengurangi pertempuran melawan militer.

"Ini adalah kawasan yang paling penting di jantung kota Aleppo timur dan sudah di ambang kejatuhan," kata Direktur SOHR Rami Abdel Rahman kepada Agence France-Presse.

Rahman mengatakan, pasukan Pemerintah Suriah telah menguasai seperti wilayah distrik. Dengan dikuasainya Shaar, itu berarti pasukan Damaskus telah berhasil menguasai 70 persen Aleppo timur.

Keberhasilan itu terjadi empat tahun setelah pasukan oposisi menguasai kota dan membagi kota terbesar kedua di Suriah itu menjadi dua bagian, antara yang dikuasai oposisi dan militer.

Akhir November lalu, lebih dari 400 warga sipil Suriah telah melarikan diri dari distrik yang dikuasai oleh pemberontak di Aleppo timur.

Mereka melarikan diri ke wilayah Aleppo barat yang dikuasai oleh pasukan pemerintah di tengah tekanan rezim Damaskus.

Warga sipil melarikan dari distrik Masaken Hanano dan dibawa ke daerah yang dikendalikan rezim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com