Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.100 Lebih Ibu Hamil di Kolombia Terinfeksi Virus Zika

Kompas.com - 31/01/2016, 08:40 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Lebih dari 2.100 perempuan hamil di Kolombia terinfeksi virus Zika, yang menular melalui nyamuk, menurut institut kesehatan nasional pada Sabtu (30/1/2016).

Virus itu dikaitkan dengan cacat lahir mikrosefali, yang membuat otak janin tidak berkembang sebagaimana mestinya, dan saat ini belum ada vaksin atau pengobatannya.

Ada 20.297 kasus infeksi penyakit itu yang dikonfirmasi di Kolombia dan 2.116 di antaranya terjadi pada perempuan hamil menurut institut kesehatan nasional dalam buletin epidemiologinya.

Sejauh ini, tidak ada kasus mikrosefali atau kematian akibat infeksi virus itu di Kolombia. (baca: Virus Zika Menyebar, WHO Bentuk Satgas Khusus)

Institut menyebutkan bahwa 37,2 persen perempuan hamil yang terinfeksi virus Zika tinggal di Provinsi Norte de Santander, sepanjang perbatasan dengan Venezuela.

Angka awal dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 560 perempuan hamil terserang penyakit itu dari 13.500 lebih kasus infeksi.

Kasus-kasus infeksi virus Zika dikonfirmasi terjadi di 23 negara dan wilayah Amerika dan pada ilmuwan sedang berpacu mengembangkan vaksin untuk virus itu. (baca: Kemenkes: Cara Mencegah Virus Zika Sama dengan DBD)

Seperti dilansir kantor berita Reuters, hampir separuh dari kasus infeksi virus Zika di Kolombia dilaporkan terjadi wilayah Karibia dan lebih dari 60 persennya terjadi pada perempuan menurut buletin institut.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan sebanyak empat juta orang di Amerika bisa terinfeksi virus itu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com