Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Tambahan 350 Tentara ke Baghdad

Kompas.com - 03/09/2014, 15:35 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Beberapa jam setelah video pemenggalan jurnalis AS Steven Sotloff dirilis Negara Islam Irak dan Suriah, pemerintah AS langsung bereaksi.

Presiden Barack Obama langsung memerintahkan pengiriman 350 personel militer tambahan untuk melindungi fasilitas dan staf diplomatik AS di Baghdad, Irak.

"Presiden mengotorisasi Kementerian Pertahanan untuk memenuhi permintaan Kementerian Luar Negeri untuk mengirim 350 personel militer untuk melindungi fasilitas dan staf diplomatik kita di Baghdad, Irak," demikian pernyataan Gedung Putih.

"Kami juga terus membantu pemerintah Irak dalam upaya memerangi ISIS yang mengancam tak hanya Irak namun juga seluruh kawasan Timur Tengah serta kepentingan dan keselamatan personel AS di sana," tambah Gedung Putih.

Obama, yang tengah berkunjung ke Estonia sebelum menghadiri KTT NATO di Wales, dijadwalkan akan membicarakan tindakan yang harus diambil untuk menghadapi ISIS.

"Presiden juga akan membicarakan pembentukan sebuah koalisi internasional yang luas untuk menerapkan sebuah strategi komprehensif untuk melindungi warga kami dan mendukung rekan kami dalam perang melawan ISIS," tambah Gedung Putih.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan AS Laksamana Muda John Kirby mengatakan dengan penambahan 350 personel ini maka jumlah keseluruhan personel militer AS di Irak kini berjumlah 820 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com