Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2014, 23:18 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Para anggota kelompok militan Islam Afganistan yang bersekutu dengan Taliban, mengatakan kepada BBC bahwa mereka tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Salah seorang komandan kelompok ini mengatakan mereka masih akan terus melawan pemerintah Afganistan, bahkan setelah pasukan NATO meninggalkan negara itu tahun 2014.

Komandan Mirwais mengatakan kepada BBC jika ISIS memang merupakan kekhalifahan Islam sejati maka mereka ingin bergabung.

"Kami tahu tentang ISIS dan kami memiliki hubungan dengan sejumlah anggotanya. Kami sedang menunggu untuk melihat apakah mereka memang memenuhi persyaratan sebagai kekhalifahan Islam," kata Komandan Mirwais.

"Jika mereka memang memenuhi syarat, kami yakin pemimpin kami akan mengumumkan kesetiaan kepada ISIS. Mereka memang pejuang hebat. Kami berdoa untuk mereka, dan jika kami tidak melihat masalah dalam cara operasi mereka, kami akan bergabung dengan mereka," tambah dia.

Ancaman ini sangat mengkhawatirkan. Jika Taliban memang akhirnya bergabung dengan ISIS, maka hal ini akan memberi dimensi baru terhadap perlawanan bersenjata yang sekarang sedang berlangsung.

Berita ini muncul di tengah-tengah perselisihan mengenai pemilihan presiden Afganistan. Pemilihan presiden Afganistan yang digelar Juni itu masih terus dipersengketakan, dengan pemenang belum ditetapkan, sementara penghitungan ulang suara masih terus dilangsungkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com