Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Warganya, Kapal Perang AS Tiba di Teluk

Kompas.com - 16/06/2014, 22:03 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah kapal perang AL Amerika Serikat, Senin (16/6/2014), yang membawa ratusan marinir dan pesawat jenis Osprey tiba di kawasan Teluk untuk bersiaga jika mereka diperlukan untuk melindungi warga AS di Irak.

"Kehadiran kapal perang itu untuk memperkuat armada AS yang sudah tiba di sana, termasuk kapal induk USS George HW Bush, sehingga menyediakan opsi bagi panglima tertinggi ketika perlu melindungi warga dan aset AS di Irak," kata juru bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby.

Kapal perang yang baru tiba itu adalah USS Mesa Verde yang membawa 550 personel marinir dan pesawat angkut Osprey yang bisa membawa 22 personel marinir untuk jarak yang cukup jauh.

Pengiriman kapal perang ini terjadi di tengah serangan kilat kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di wilayah utara Irak yang mengakibatkan militer Irak tercerai berai.

Kirby menambahkan USS Mesa Verde sudah menyelesaikan perjalanannya melintasi Selat Hormuz. Kapal ini menyusul kapal induk George HW Bush yang sudah memasuki wilayah Teluk akhir pekan lalu, yang membawa 70 pesawat udara, termasuk jet tempur dan helikopter.

Kapal induk USS George HW Bush ditemani dua kapal perang lainnya yaitu kapal perusak USS Truxton dan kapal penjelajah USS Philippines Sea. Kedua kapal perang itu diperlengkapi persenjataan canggih antara lain rudal Tomahawk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com