Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Mungkin Bekerja Sama dengan Iran untuk Atasi Krisis Irak

Kompas.com - 16/06/2014, 21:10 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Senin (16/6/2014), mengatakan, dirinya membuka kemungkinan kerja sama dengan Iran untuk menyelesaikan krisis di Irak.

"Saya tak menutup segala kemungkinan selama hal itu konstruktif. Kita lihat saja apa yang akan dilakukan Iran sebelum kami membuat pernyataan," kata Kerry.

Meski Iran dan AS secara resmi tidak memiliki hubungan diplomatik, pembicaraan antara kedua negara terkait masalah Irak bisa terjadi pekan ini di sela-sela perundingan soal nuklir Iran di Vienna, Austria.

Lebih jauh, John Kerry mengatakan, Presiden Barack Obama memang mempertimbangkan berbagai opsi yang tersedia untuk menangani krisis Irak, termasuk menggelar serangan drone.

"Washington sangat berkomitmen untuk menjaga integritas Irak sebagai sebuah negara," Kerry menegaskan.

Sepekan setelah serangan kilat Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berhasil menduduki kota terbesar kedua Irak, Mosul, kini ISIS dan pasukan Irak terlibat pertempuran memperebutkan kota Syiah yang strategis, Tal Afar.

Serangan kilat ISIS itu mengejutkan para pemimpin Irak dan Washington. Kedua negara khawatir sebuah perang sektarian baru antara kelompok Sunni dan Syiah di Irak setelah AS menarik pasukannya pada Desember 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com