Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Mesir Tutup Toko yang Terkait Ikhwanul Muslimin

Kompas.com - 16/06/2014, 16:38 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Kepolisian Mesir sepanjang akhir pekan lalu menutup sejumlah toko di Kairo yang dicurigai memiliki kaitan dengan Ikhwanul Muslimin. Demikian dikabarkan harian The New York Times, Senin (16/6/2014).

Dua toko yang ditutup itu antara lain dua toko grosir Zad dan Seoudi yang dituduh bekerja untuk Ikhwanul Muslimin. Pemilik toko grosir Zad adalah salah satu pemimpin Ikhwanul, yaitu Khairat el-Shater, yang saat ini ditahan.

Sementara itu, pemilik toko grosir Seoudi belakangan dibebaskan dari tuduhan keterkaitan dengan Ikhwanul Muslimin, yang kini menjadi organisasi terlarang di Mesir.

Selain menutup sejumlah toko, aparat keamanan Mesir juga menyita sebuah buletin mingguan milik sebuah kelompok pejuang HAM dan menangkap dua aktivis organisasi itu.

Jaringan Informasi Arab untuk HAM menyatakan, kepolisian Mesir menyita 1.000 eksemplar buletin Wasla karena dianggap menjadi sarana penggulingan pemerintah.

Polisi juga menuding penerbit buletin itu juga terkait dengan kegiatan Ikhwanul Muslimin, meski selama ini Jaringan Informasi HAM Arab ini dikenal sebagai sebuah organisasi liberal yang juga kerap mengkritik Ikhwanul Muslimin.

Buletin Wasla sudah terbit sejak 2010, yang berisi kompilasi berbagai artikel dari blog dan media sosial untuk bahan bacaan warga senior Mesir yang tak terbiasa mengunakan komputer dan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com