Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Pemilik Feri Sewol Tolak Diekstradisi dari Perancis

Kompas.com - 11/06/2014, 21:29 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Puteri taipan Korea Selatan pemilik kapal feri yang tenggelam dan menewaskan 300 penumpangnya akan melawan upaya untuk mengekstradisinya dari Perancis.

Yoo Som-na (47), ditahan akhir bulan lalu di kediamannya di Paris di bawah perintah penahanan internasional terkait dengan dugaan penggelapan dan penipuan pajak.

Som-na akan menghadapi sidang untuk prosedur ekstradisi yang diperkirakan membutuhkan waktu beberapa bulan.

"Kami akan melawan upaya ekstradisi itu dengan menggunakan semua cara yang dimungkinkan," kata pengacara Yoo Som-na usai menghadiri sidang di Paris, Rabu (11/6/2014).

Sejauh ini, permohonan Yoo Som-na untuk dibebaskan sementara dengan jaminan ditolak pengadilan Paris.

Sementara itu, sang ayah, Yoo Byung-eun dan putra sulungnya, Yoo Dae-kyun hingga kini masih diburu aparat hukum Korea Selatan, karena diduga melanggar standar keamanan yang mengakibatkan tragedi pada 16 April lalu itu.

Para jaksa Korea Selatan juga berencana untuk memeriksa salah satu putra Yoo Byung-eun yang tinggal di Amerika Serikat.

Sementara itu di Korea Selatan, sebanyak 6.000 polisi menerobos masuk ke sebuah bangunan yang menjadi pusat pertemuan sebuah kelompok religius di kota Anseong, sebelah selatan ibu kota Seoul, untuk mencari sang taipan yang buron.

Operasi besar-besaran itu digelar sehari setelah Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memerintahkan kepolisian dan kejaksaan untuk menggelar pencarian taipan berusia 72 tahun pemilik perusahan Chonghaejin Marine Co pemilik kapal feri Sewol yang tenggelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com