Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Tak Sengaja Meledak, Polisi Tunisia Sergap Kelompok Militan

Kompas.com - 07/04/2014, 16:43 WIB
TUNIS, KOMPAS.com - Aparat keamanan Tunisia berhasil meringkus satu kelompok militan setelah bom yang mereka rakit untuk menyerang kota komersial Sfax, meledak sebelum waktunya. Demikian disampaikan pemerintah Tunisia, Minggu (6/4/2014).

Polisia Tunisia menangkap delapan orang yang merupakan anggota kelompok Anshar al-Sharia, dalam sebuah penggrebekan di kota Sfax, yang berjarak 270 kilometer dari ibu kota Tunis.

Dua dari delapan orang yang ditahan mengalami luka karena bom yang mereka rakit meledak tanpa disengaja. Demikian kementerian dalam negeri Tunisia.

Anshar al-Sharia, yang masuk dalam daftar organisasi teroris yang diincar AS, adalah salah satu gerakan garis keras yang menyerukan pembentukan negara Islam di Tunisia sejak revolusi rakyat yang menggulingkan diktator Zine El-Abedine Ben Ali pada 2011.

Dengan perekonomian yang sangat tergantung kepada sektor pariwisata, pemerintah Tunisia sudah memberangus banyak kelompok militan Islam yang dianggap sebagai pengganjal jalan negeri itu menuju demokrasi.

Tunisia, salah satu negara paling sekuler di dunia Arab, sudah mengadopsi konstitusi baru dengan pemerintahan sementara yang kini mengendalikan negara sekaligus menurunkan ketegangan antara partai Islam yang kini berkuasa dengan oposisi sekuler hingga pemilihan umum digelar tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com