Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Resmikan Tugu Roket M75 di Gaza City

Kompas.com - 10/03/2014, 22:49 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com - Di saat Israel memamerkan persenjataan yang disitanya, di Jalur Gaza, Senin (10/3/2014), kelompok Hamas meresmikan sebuah tugu berbentuk roket sebagai pernyataan kemampuan mereka menyerang Israel.

"Hamas mampu berperang di jantung negara Zionis setelah mengembangkan sistem roket sendiri, di saat banyak negara Arab gagal," kata pemimpin sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, dikelilingi para pejuang bertopeng.

Tugu peringatan di Gaza City itu menampilkan sebuah roket M75 dalam ukuran sebenarnya, yang menyandang nama pendiri Brigade Al-Qassam Ibrahim al-Maqadma, yang tewas dibunuh Israel pada 2003.

Hamas menggunakan roket M75 ini dalam perang besar terakhir melawan Israel pada November 2012. Roket berdaya tempuh 75 kilometer itu berhasil menghantam Tel Aviv dan Jerusalem yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Jalur Gaza.

Sementara itu di pangkalan AL Israel di Eilat, militer Israel memamerkan temuan mereka dari kapal Klos-C yang berbendera Panama. Sebanyak, 40 buah rudal jarak jauh M-302, 181 buah peluru mortar kaliber 122 milimeter, dan sekitar 400.000 peluru kaliber 7,62.

Ikut dipamerkan ratusan karung semen yang digunakan untuk menutupi persenjataan yang diduga akan diselundupkan ke Jalur Gaza. Di karung-karung semen itu tertulis dalam bahasa Inggris "Fars and Khizestan Cement Co" dan "Hormozgan Cement Company". Keduanya adalah perusahaan semen yang berbasis di Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com