Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Desak Israel Hentikan Pembangunan Permukiman

Kompas.com - 18/11/2013, 20:21 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Presiden Perancis, Francois Hollande, dalam kunjungan ke Tepi Barat menyerukan penghentian menyeluruh pembangunan permukiman Israel.

Selepas pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas, Senin (18/11/2013), Hollande menegaskan bahwa tanah Palestina dibutuhkan untuk penyelesaian dua negara di masa depan.

Pekan lalu Perdana Menteri  Israel Benjamin Netanyahu sudah memerintahkan menteri perumahan Israel mempertimbangkan kembali rencana pembangunan lebih 20.000 rumah di Tepi Barat.

Dalam kunjungan resmi pertamanya ke Tepi Barat, Hollande mengatakan bahwa pembangunan permukiman menimbulkan masalah atas perundingan damai yang sejauh ini tidak memperlihakan kemajuan berarti.

Dan Presiden Abbas juga memperingatkan perundingan damai akan berakhir jika Israel meneruskan pembangunan permukiman.

Sebelum bertemu dengan Abbas di kompleks kepresidenan di Muqataa, Holande memberi penghormatan di makan Yasser Arafat, yang menurut tim forensik Swiss  kemungkinan diracun ketika meninggal sembilan tahun lalu.

Dari Tepi Barat, Hollande akan kembali ke Jerusalem untuk menyampaikan pidato di depat parlemen guna menegaskan komitmen Perancis atas keamanan Israel.

Perancis merupakan salah satu donor internasional terbesar bagi Otorita Palestina yang memerintah Tepi Barat dengan menyumbang sekitar 50 juta euro setiap tahunnya melalui Uni Eropa maupun program-program pembangunan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com