Kamis, 24 April 2014

News / Internasional

Permintaan Terakhir Korban Bunuh Diri Ditolak

Rabu, 4 September 2013 | 14:45 WIB
Shutterstock Ilustrasi
BEIJING, KOMPAS.COM - Permintaan terakhir seorang pria yang melakukan bunuh diri di China ditolak. Pria itu sebelum bunuh diri mengirim pesan pendek ke polisi yang menyatakan bahwa dia ingin menyumbangkan tubuh dan organnya buat ilmu pengetahuan. Permintaannya ditolak karena dia tidak menyampaikan niatnya untuk berdonasi jauh hari sebelumnya, lapor media pemerintah Rabu (4/9).

"Saya telah memutuskan untuk menyumbangkan tubuh saya dan semua organ saya buat amal. Bila anda menerima pesan saya, saya sudah tewas. Maaf telah mengganggu kalian," demikian pesan pria itu kepada polisi sebagaimana dilaporkan kantor berita Xinhua.

Pria itu, yang bermarga Wang, kemudian ditemukan tergantung di sebuah unit pendingin udara di luar rumahnya di Hangzhou, di Provinsi Zhejiang di China bagian timur. Wang, 30 tahun, menderita kekurangan gizi pada otot, kata polisi. Sebuah kursi roda ditemukan di sisinya beserta sebuah tongkat dan dua catatan.

Dia merasa, dirinya telah cukup menderita, tetapi dia ingin memberikan kontribusi terakhir kepada masyarakat, lapor Xinhua. "Keinginan terakhir dan terbesar saya adalah menyumbangkan semua organ yang berguna dan tubuh saya untuk amal. Saya berharap Anda menghormati pilihan saya," demikian antara lain isi catatan tersebut.

Namun cabang lokal Palang Merah China menolak untuk menerima donasi itu karena Wang belum mengisi aplikasi sebelumnya atau melakukan pemeriksaan kesehatan yang diperlukan, tambah Xinhua.

China mengalami kekurangan donor organ dan masih menggunakan organ tahanan yang dieksekusi untuk kepentingan transplantasi. China berulang kali berjanji untuk secara bertahap mulai meninggalkan praktek yang kontroversial itu.

Editor : Egidius Patnistik
Sumber: AFP