Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Perkenalkan "Izumo"

Kompas.com - 06/08/2013, 21:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Jepang memperkenalkan kapal perang terbarunya, Izumo. Menurut warta Kyodo pada Selasa (6/8/2013), Izumo mempunyai panjang 248 meter. Lebarnya 38 meter.

Menurut rencana, Izumo akan masuk dalam jajaran Armada Bela Diri Maritim Jepang (MSDF) pada Maret 2015. Peluncuran perdana Izumo dihelat Markas Korps Persatuan Marinir Jepang di Kanagawa. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso dan Sekretaris
Jenderal Partai Demokratik Liberal Jepang Shigeru Ishiba.

Kapal perang Izumo dapat didarati lima helikopter secara simultan. Kapal seharga 120 miliar yen atau setara 1,22 miliar yen ini juga pas untuk didarati pesawat tempur buatan AS, Osprey.

Izumo memiliki selisih 50 meter lebih panjang ketimbang kapal perusak Hyuga dan Ise. Keduanya juga tengah dalam pembuatan.

Jepang sejatinya pernah memiliki kapal perang bernama Izumo pada 1898. Kapal ini buatan Armstrong Whitworth, Inggris. Izumo yang ditembak tenggelam pada 24 Juli 1945 memang diambil dari nama salah satu prefektorat di Jepang, Izumo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com