Trump Sebut Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi "Menangis dan Menjerit", Ini Tanggapan Pejabat AS

Kompas.com - 29/10/2019, 13:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pejabat AS menanggapi ucapan Presiden Donald Trump bahwa Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi "menangis dan menjerit" sebelum tewas.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Baghdadi tewas setelah meledakkan diri karena disudutkan hingga ujung terowongan oleh pasukan khusus AS.

"Dia tidak mati sebagai pahlawan. Dia mati sebagai pengecut. Menangis, ketakutan, dan menjerit serta membawa tiga anak," kata Trump.

Baca juga: Jasad Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Dikubur di Laut oleh Militer AS

Presiden 73 tahun itu mengaku menonton setiap detil penyerbuan di desa Barisha, Suriah, di Ruang Situasi Gedung Putih laksana "menonton film".

New York Times melaporkan, sumber baik dari militer maupun intelijen meragukan pernyataan "berwarna" dari presiden ke-45 AS itu.

Sebab seperti dilansir AFP Senin (28/10/2019), Trump tidak mempunyai akses audio, atau melihat momen ketika di terowongan.

Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengaku, dia tak bisa memastika klaim Trump atas momen sebelum kematian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Namun, Milley menjelaskan, Trump memang sempat "merencanakan" untuk berbicara kepada Pasukan Delta yang terlibat dalam operasi.

"Saya tidak tahu dari mana sumbernya mengatakan seperti itu. Tapi saya berasumsi dia pasti berbicara langsung kepada unit lapaangan," kata Milley.

Senada dengan Milley, Menteri Pertahanan AS Mark Esper juga enggan menjawab saat ditanyakan mengenai klaim presiden dari Partai Republik itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
NASIONAL
Dilema Karbon
Dilema Karbon
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.