Kompas.com - 02/10/2019, 16:51 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Seorang petugas polisi Hong Kong melepaskan tembakan dari jarak dekat ke arah seorang demonstran dalam bentrokan, pada Selasa (1/10/2019).

Itu menjadi insiden pertama sejak dimulainya aksi massa turun ke jalan menentang RUU Ekstradisi pada Juni lalu.

Insiden penembakan itu terjadi di distrik Tsuen Wan, di tengah bentrokan kekerasan terburuk yang bersamaan dengan peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China, yang diwarnai parade militer besar-besaran di Beijing.

Bentrokan pada Selasa (1/10/2019), terjadi selama berjam-jam di berbagai tempat di Hong Kong, dengan pengunjuk rasa melemparkan bongkahan batu dan juga bom molotov.

Baca juga: Polisi Hong Kong Tembak Dada Demonstran dalam Bentrokan

Polisi pun menanggapi dengan melepaskan tembakan gas air mata, peluru karet, dan meriam air. Polisi juga terlihat beberapa kali melepaskan tembakan peringatan ke udara.

Demonstran yang menjadi korban penembakan diidentifikasi sebagai Tsang Chi-kin (18), yang terkena tembakan pada bagian dada.

Dilansir Channel News Asia, petugas polisi itu melepaskan tembakan setelah melihat rekan-rekannya diserang oleh pengunjuk rasa menggunakan tiang besi dan payung.

Disampaikan kepala polisi, Stephen Lo, petugas itu melepaskan tembakan setelah khawatir dengan keselamatan dirinya dan rekannya telah melepaskan lima tembakan peringatan.

Baca juga: Usai Bandara dan Mal, Demo Hong Kong Kini Menyasar Gerai Starbucks

"Dalam rentang waktu yang sangat singkat itu dia membuat keputusan dan menembak si penyerang," kata kepala polisi.

Namun kelompok-kelompok protes mengatakan bahwa petugas menyerbu dengan senjata yang sudah ditodongkan, menuai kecaman karena penggunaan peluru tajam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.