Kompas.com - 10/08/2019, 22:59 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah meminta maaf atas serangkaian uji coba rudal yang dilakukan negaranya belakangan ini.

Korea Utara dilaporkan telah kembali meluncurkan rudal jarak pendek pada Sabtu (10/8/2019) pagi, menjadi kali kelima Pyongyang melakukan uji coba rudal dalam dua pekan terakhir.

Namun Trump sempat menegaskan bahwa uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara tidak melanggar kesepakatannya dengan Kim Jong Un.

Tak lama setelah uji coba rudal Korut pada Sabtu pagi, Trump melalui akun Twitter miliknya, mengungkapkan bahwa Kim Jong Un telah menyampaikan permintaan maaf terkait peluncuran rudal yang dilakukan negaranya.

Baca juga: Trump Kembali Terima Surat yang Sangat Indah dari Kim Jong Un

Permintaan maaf Kim Jong Un tersebut dikatakan Trump, disampaikan dalam surat yang "sangat indah" yang dikirim oleh pemimpin Korea Utara itu pada Kamis (8/8/2019) lalu.

Trump juga mengatakan bahwa Kim Jong Un ingin melanjutkan pembicaraan tentang denuklirisasi dalam waktu dekat, setelah latihan perang AS dengan Korea Selatan usai.

Sebagaimana diketahui, Korea Utara sangat menentang digelarnya latihan militer gabungan antara Washington dengan Seoul dan menyebutnya hambatan atas pembicaraan denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Dalam sebuah surat kepada saya yang dikirim oleh Kim Jong Un, dia menyampaikan, dengan sangat baik, bahwa dia ingin bertemu dan memulai negosiasi segera setelah latihan bersama AS dan Korea Selatan selesai," tulis Trump.

Baca juga: Trump: Kim Jong Un Tidak Akan Mengecewakan Saya

AS telah memulai latihan militer gabungan dengan Korea Selatan pada Senin (5/8/2019) lalu dan dijadwalkan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Pyongyang telah menegaskan bahwa peluncuran rudal yang dilakukan merupakan peringatan bagi Korea Selatan dan AS.

Halaman:
Sumber Reuters,AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.