Kompas.com - 03/08/2019, 09:03 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tidak akan membuatnya kecewa setelah muncul kabar tes senjata.

Dalam serangkaian kicauannya di Twitter, Trump menyebut Kim sebagai pemimpin dengan visi yang bagus di mana dia sebagai Presiden AS bakal membantu mewujudkannya.

Baca juga: Trump: Uji Coba Rudal Korea Utara Tak Langgar Perjanjian Saya dengan Kim Jong Un

"Mungkin ada pelanggaran PBB. Namun Pemimpin Kim Jong Un tidak akan mengecewakan saya. Sangat disayangkan demi keuntungan Korut," kata Trump dilansir AFP Jumat (2/8/2019).

Pernyataan Trump itu keluar setelah Pyongyang menggelar setidaknya tiga kali uji coba senjata dalam kurun waktu kurang dari dua pekan terakhir.

Negara tetangga Korea Selatan (Korsel) menyebut senjata yang tengah diujicobakan oleh Korut adalah rudal balistik. Namun Korut membantah dan menyebutnya "sistem roket".

Sesuai dengan resolusi yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB, Korut dilarang untuk menggelar uji coba rudal balistik, dengan negara Barat mengecam tes yang terjadi.

Namun menurut Trump, dia tidak mempermasalahkannya. "Kami akan melihat apa yang akan terjadi. Namun uji coba (rudal) jarak pendek adalah hal standard," sebutnya.

Presiden ke-45 AS itu disebut sudah mengerahkan segala kemampuan politiknya untuk meyakinkan Kim supaya mengakhiri program senjata nuklirnya demi mencabut sanksi.

Namun, meski sudah menggelar tiga kali pertemuan dalam satu tahun terakhir dan terungkap mereka saling berbalas surat, denuklirisasi itu masih urung terjadi.

Trump mengatakan dia yakin dengan pendekatan personal yang dilakukannya, dia bakal bisa membujuk Kim untuk melepaskan seluruh senjata balistik dan nuklir.

"Kim Jong Un akan melakukan hal benar karena dia terlalu pintar untuk membangkang. Dia tentu tidak ingin membuat kecewa temannya, Presiden Trump," ucapnya.

Baca juga: Kim Jong Un: Senjata Kaliber Besar Terbaru Bakal Membuat Musuh Sangat Kesulitan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.