Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Ancam Putus Kerja Sama dengan Perusahaan AS yang Terlibat Penjualan Senjata ke Taiwan

Kompas.com - 15/07/2019, 16:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah dan perusahaan China mengumumkan bakal memutus hubungan kerja sama bisnis dengan perusahaan-perusahaan AS yang terlibat dalam penjualan persenjataan ke Taiwan.

Keputusan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri China, Senin (15/7/2019), menyusul ancaman Beijing yang akan menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan AS terkait kesepakatan penjualan tank, rudal, dan persenjataan lainnya ke Taiwan, senilai 2,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 30,5 triliun).

Juru bicara kementerian luar negeri, Geng Shuang yang menyampaikan keputusan itu, menolak merinci perusahaan mana saja yang akan terpengaruh.

Baca juga: Buntut AS Sepakat Jual Senjata Rp 30 Triliun ke Taiwan, China Umumkan Latihan Perang

Namun sebelumnya, pada Minggu (14/7/2019), media resmi Partai Komunis, People's Daily, mengunggah sebuah artikel di media sosial WeChat, yang mengidentifikasi perusahaan-perusahaan AS yang mungkin rentan terhadap sanksi.

Perusahaan-perusahaan itu termasuk Honeywell International Inc, yang membuat mesin untuk tank Abrams, dan pembuat jet pribadi Gulfstream Aerospace, yang dimiliki oleh General Dynamics. China merupakan pasar penting bagi Honeywell dan Gulfstream.

Ketegangan hubungan antara China dan AS telah meningkat karena perang dagang, yang membuat kedua negara saling memungut bea impor, meski kini tengah berusaha menyelesaikan perselisihan itu.

Akan tetapi pekan lalu, Pentagon mengumumkan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan persenjataan yang diminta oleh Taiwan, termasuk 108 unit tank tempur M1A2T Abrams buatan General Dynamics Corp, serta 250 rudal Stinger yang diproduksi oleh Raytheon.

Meski AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, serta mengakui kebijakan "Satu China", Washington terikat oleh hukum untuk membantu menyediakan sarana pertahanan diri untuk Taiwan.

Baca juga: Jual Senjata ke Taiwan, China Ancam Sanksi Perusahaan AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com