Kompas.com - 03/05/2019, 15:13 WIB

KARACHI, KOMPAS.com - Kasus virus HIV menghebohkan Pakistan ketika lebih dari 90 orang telah terinfeksi melalui jarum suntik.

Laporan kantor berita AFP, Jumat (3/5/2019), dari jumlah tersebut sekitar 65 orang adalah anak-anak. Pihak berwenang kini telah mengamankan seorang dokter.

"Kami menangkap seorang dokter setelah menerima laporan dari otoritas kesehatan," ujar Kepala Polisi Kota Lakarna, Kamran Nawaz.

Baca juga: Ingin Awet Muda dengan Vampire Facial, 2 Orang di AS Malah Kena HIV

"Kami mendapat informasi bahwa dokter itu juga mengidap HIV," imbuhnya.

Setelah melalui proses pemeriksaan, ternyata ditemukan puluhan orang yang tertular penyakit yang menganggu kemampuan tubuh melawan infeksi itu.

"Lebih dari 90 orang telah dites positif HIV dan jumlah anak-anaknya sekitar 65," kata pejabatan kesehatan Dr Abdul Rehaman.

Pihak berwenang menyatakan, penyelidikan meyakini virus itu berasal dari seorang dokter yang menggunakan jarum suntik terkontaminasi kepada para pasiennya.

Menteri Kesehatan Provinsi Sindh, Azra Pechuho, mengonfirmasi penangkapan dokter tersebut.

"Darah orangtua dari anak-anak yang terinfeksi juga diuji tapi hasilnya negatif," katanya.

Sejah itu, pemerintah meluncurkan upaya pemeriksaan menyeluruh dan sosialisasi kepada masyarakat.

Baca juga: Dokter Gunakan Virus HIV untuk Sembuhkan Penyakit “Bocah Gelembung”

Pakistan diaggap sebagai negaradengan prevalensi rendah untuk HIV.

Namun, virus tersebut banyak berkembang di antara pengguna narkoba suntikan, pekerja seks, dan migran yang kembali dari wilayah Teluk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.