Kompas.com - 29/04/2019, 19:15 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyambut kehadiran tukang cukur, penata rambut, dan pakar kecantikan di Vatikan pada Senin (29/4/2019).

Vatican News mewartakan, sebanyak 230 orang dari Komite Santo Martin de Porres berjumpa dengan paus.

Dalam pertemuan itu, pria asal Argentina tersebut meminta mereka untuk tidak bergosip ketika melayani pelanggan.

Baca juga: Paus Fransiskus Sumbang Rp 7 Miliar untuk Migran di Meksiko

"Jalankan profesi kalian dengan gaya seorang Kristen, melayani konsumen dengan kebaikan, kesopanan, dan mengucapkan perkataan baik serta semangat," ucapnya, seperti dikutip dari AFP.

Dia mengatakan, Martino de Porres yang merupakan seorang pakar pangkas rambut abad ke-16 di Lima, Peru, harus menjadi inspirasi mereka dalam menjalani kehidupan.

De Porres diyakini telah membuat mukjizat seperti berada di dua tempat sekaligus, penyembuhan, dan kemampuan berkomunikasi dengan hewan.

"Anda masing-masing, dalam pekerjaan profesional, selalu dapat bertindak dengan kebenaran, sehingga memberikan kontribusi positif bagi kebaikan bersama masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, pemimpin berusia 82 tahun itu membuka sebuah barber shop dan ruang untuk mencuci bagi para tunawisma di Lapangan Santo Petrus pada 2015.

Terkait gosip, Paus Fransiskus pernah mengecam gosip sebagai bentuk "terorisme". Dia juga memperingatkan umat agar tidak berbohong dan memberikan kesaksian palsu.

Baca juga: Paus Fransiskus Rayakan Paskah dalam Duka Teror Sri Lanka

"Kita semua hidup dengan berkomunikasi, dan kita terus berada di ujung antara kebenaran dan kebohongan," ujarnya pada November 2018, seperti diwartakan Irish Times.

Dia menyebut gosip sebagai hal yang dapat membunuh karena lidah membunuh seperti pisau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.